Berita Kota Kupang

PDIP Tunggu Penetapan Bacaleg di DPP PDIP

Saat ini berkas usulan bacaleg untuk DPRD Kabupaten Kupang tengah diteliti di DPP PDIP untuk selanjutnya ditetapkan

PDIP Tunggu Penetapan Bacaleg di DPP PDIP
POS KUPANG/JULIANUS AKOIT
Yohanes Mase 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edy Hayon

POS-KUPANG.COM|OELAMASI--Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kupang sudah mengusulkan daftar bakal calon legislatif (bacaleg) untuk pemilu 2019.

Saat ini berkas usulan bacaleg untuk DPRD Kabupaten Kupang tengah diteliti di DPP PDIP untuk selanjutnya ditetapkan. Setelah itu berkas yang sudah disetujui DPP PDIP dimasukan ke KPU Kabupaten Kupang.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Kupang, Johanis Mase, kepada Pos Kupang, Kamis (12/7/2018) menjelaskan, untuk bacaleg PDIP yang bakal duduk di kursi DPRD Kabupaten Kupang, pihaknya sudah menyusun daftar nama bacaleg.

Untuk empat daerah pemilihan (Dapil) sudah tidak ada persoalan termasuk kuota perempuan. Saat ini berkas sudah ditangan DPP PDIP untuk diteliti lebih lanjut.

"PDIP bukan partai abal-abal jadi yang namanya berkas bacaleg sudah aman. Seluruh berkas akan diteliti secara internal oleh DPP. Setelah itu berkasnya dikirim kembali untuk kita masukan di KPU. Intinya dalam pekan ini kita sudah masukan berkas bacaleg," katanya.

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk mengatakan, sampai hari kesembilan pasca pembukaan pemasukan berkas tanggal 4 Juli hingga tanggal 12 Juli, belum ada satupun partai politik (parpol) yang memasukan berkas bacaleg. Baru ada informasi bahwa Partai Perindo akan memasukan berkas ke KPU Kabupaten Kupang.

Hans Ch Louk, mengakui bahwa sampai sekarang belum satupun parpol memasukan berkas bacaleg untuk diverifikasi. Bagi KPU, lanjut Hans, memposisikan diri menungggu dan diharapkan pimpinan parpol lebih proaktif mendorong para bacaleg untuk melengkapi berkas dan sesegera mungkin dimasukan.

"Kami baru dapat laporan kalau Perindo yang akan masukan berkas tanggal 12 Juli jadi kami tunggu saja. Petugas untuk periksa berkas sudah ada tim yang kami bentuk jadi begitu berkas masuk langsung tim bekerja," kata Hans.

Hans menduga kendala teknis mungkin pada memenuhi kuota perempuan. Sesuai ketentuan parpol wajib memasukan unsur perempuan 30 persen di setiap daerah pemilihan.

Dirinya juga berharap parpol memasukan berkas jangan di penghujung penutupan pemasukan berkas karena akan merepotkan parpol sendiri jika masih ditemukan kekurangan-kekurangan yang perlu dilengkapi.

"Batas akhir memasukan berkas tanggal 17 Juli pukul 24.00 wita. Kita minta ke parpol supaya hari-hari ini segera masukan jangan tunggu sampai tanggal 17 Juli dulu. Lebih cepat malah lebih baik," harap Hans.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved