Berita Sumba Barat

Bacaleg SBD, SB Dan ST Keluhkan Pemeriksaan Kesehatan Jasmani Dan Rohani Di RSUD Waingapu

Karena itu mau tidak mau, harus mengikuti keputusan KPU guna melengkapi persyaratan dokumen pencalonan.

Bacaleg SBD, SB Dan ST Keluhkan Pemeriksaan Kesehatan Jasmani Dan Rohani Di RSUD Waingapu
POS KUPANG/PETRUS PITER
Ketua DPRD SB, Gregorius HBL Pandango, S.E

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Petrus Piter 

POS-KUPANG.COM|WAIKABUBAK--Bakal calon legislatif periode 2019-2024 asal kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya dan Sumba Tengah mengeluhkan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani di RSUD Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Padahal tiga kabupaten dibagian barat pulau Sumba itu terdapat RSUD Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat yang juga memiliki dokter ahli  dan peralatan medis yang canggih pula.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumba Barat, Daniel Bili, S.H, Ketua DPC Nasdem Kabupaten Sumba Barat, Gregorius HBL Pandango, S.E dan Ketua DPC PAN SBD, Samsi Pula Golo, S.T menyampaikan hal itu secara terpisah diminta komentar di Waikabubak, Sumba Barat dan Tambolaka, SBD, Kamis (12/7/2018).

Menurut Ketua DPD II Golkar Sumba Barat, Daniel Bili, S.H, dirinya terpaksa harus melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani di dua rumah sakit berbeda yakni di RSUD Waikabubak, Sumba Barat, dan RSUD Waingapu, Sumba Timur.

Hal itu terjadi karena hasil pemeriksaan RSUD Waikabubak dinyatakan tidak berlaku karena keputusan KPU menunjuk RSUD Waingapu yang berhak memeriksa kesehatan jasmani dan rohani bakal calon legislatif asal Sumba khususnya dan NTT umumnya.

Karena itu mau tidak mau, harus mengikuti keputusan KPU guna melengkapi persyaratan dokumen pencalonan.

Memang keputusan tersebut perlu dipertanyakan. Hal itu karena RSUD Waikabubak adalah rumah sakit milik pemerintah dengan dukungan tenaga dokter ahli mumpuni dan dukungan peralatan medis yang canggih pula.

"Tetapi ya, mau bagaimana lagi, kita mengikuti saja dulu keputusan kpu agar proses pencalonan berjalan baik. Ke depan hal tersebut patut menjadi perhatian KPU agar tidak menyusahkan para bakal calon legislatif kabupaten, propinsi dan DPR RI," ujarnya.

Sedangkan ketua Partai Nasdem Kabupaten Sumba Barat yang juga adalah ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat, Gregorius HBL Pandango, S.E yang dihubungi melalui telepon selulernya, mengatakan, dalam rapat bersama KPU beberapa waktu lalu, KPU telah menunjuk RSUD Prof.Yohanis Kupang, RSUD Waingapu, Sumba Timur dan RSUD Ruteng, Manggarai, sebagai lokasi pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani bagi bakal calon legislatif NTT periode 2019-2024 .

Ketua DPC Nasdem Sumba Barat, Gregorius HBL Pandango mengaku, sedang berada di Kupang dalam urusan dinas sehingga memutuskan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSU Prof.Yohanis Kupang.

Baginya, hal itu sudah menjadi keputusan KPU sehingga bakal calon mengikuti saja agar proses pencalonan berjalan lancar.

Sementara itu ketua DPC PAN SBD, Samsi Pua Golo, S.T, mengaku, telah melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Waikabubak, Sumba Barat. Baginya sebetulnya sama saja melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Waikabubak dan Waikabubak. Apalagi RSUD Waikabubak melayani pemeriksaan tersebut.

Ia juga mengaku sedikit kuatir kalau ditolak KPU nanti maka terpaksa harus ke Waingapu, Sumba Timur untuk memeriksakan kesehatan di RSUD Waingapu.(*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved