Berita Kota Kupang

Ada Kios 3 in 1 di BLK NTT, Ini Fungsinya

Ada yang baru di BLK NTT. Kios 3 in 1 . Apa saja kegiatannya? Ternyata dari sini, anda bisa menemukan para pekerja dengan kompetensi

Ada Kios 3 in 1 di BLK NTT, Ini Fungsinya
KOMPAS.COM
Ilustrasi rupiah 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM|KUPANG--Ada yang baru di BLK NTT. Kios 3 in 1 . Apa saja kegiatannya? Ternyata dari sini, anda bisa menemukan para pekerja dengan kompetensi mumpuni dan daerah sebarannya.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pelatihan Tenaga Kerja (PTK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi NTT, Beni Gaya yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/7/2018), menjelaskan, Kios 3 in 1 berfungsi sebagai pusat informasi tentang tenaga kerja bersertifikasi, pusat informasi terkait prigram-program pelatihan calon tenaga kerja dan daerah sebarannya.

Kios 3 in 1, kata Beni, juga berfungsi menjadi jembatan penghubung antara pengusaha dengan para pekerja.

"Para pebgusaha yang membutuhkan tenaga kerja berkompetensi bisa akses ke Kios 3 in 1," kata Beni. Sayang, untuk sementara Kios 3 in 1 belum berfungsi efektif karena keterbatasan operator dan aplikasi. "Kita sedang berupaya melengkapi kekurangan yang ada," demikian Beni.

Selain aplikasi dan operator Kios 3 in 1, BLK NTT juga kekurangan tenaga instruktur.

"Selama ini instruktur kita datangkan dari luar kerja sama dengan LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) yang ada di Kota Kupang. Padahal syaratnya, satu program, minimal satu instruktur PNS," katanya.

Sementara untuk mencetak tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan pasar kerja, Beni mengatakan, pihaknya akan bertemu dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk meminta asosiasi itu melakukan training need analisis (TNA) sehingga tenaga kerja yang dilatih sesuai kebutuhan pasar kerja. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved