Berita Kabupaten Ende

Ada 116 Koperasi Di Ende Yang Berbadan Hukum

Kepala Dinas (Kadis) Koperasi Kabupaten Ende, Efraim Ngina mengatakan bahwa hingga tahun 2018 tercatat ada 116 koperasi

Ada 116 Koperasi Di Ende Yang Berbadan Hukum
Pos Kupang/Romualdus Pius
Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Ende, Efraim Diakon Ngina 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE--Kepala Dinas (Kadis) Koperasi Kabupaten Ende, Efraim Ngina mengatakan bahwa hingga tahun 2018 tercatat ada 116 koperasi yang ada di Kabupaten Ende telah memiliki badan hukum.

Koperasi tersebut adalah koperasi legal yang ditandai dengan adanya kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan juga telah memiliki badan hukum sebagai bentuk legalitas untuk beroperasi.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Koperasi Kabupaten Ende, Efraim Ngina kepada Pos Kupang.Com, Kamis (12/7/2018) di ruang kerjanya ketika dikonfirmasi mengenai keberadaan koperasi di Kabupaten Ende.

Efraim mengatakan bahwa koperasi yang ada tersebut secara umum bergerak di bidang Koperasi Karyawan (Kopkar) ataupun Koperasi Kredit (Kopdit) maupun Koperasi Serba Usaha (KSU) maupun koperasi pasar.

Menurut Efraim sebagaimana sebuah koperasi yang legal maka keberadaan 116 koperasi tersebut dikatakan legal karena selalu mengadakan RAT setiap tahun sebagaimana yang diatur dalam UU No 25 tahun 1992 yang menyatakan bahwa semua koperasi wajib menggelar RAT setiap tahun.

Selain 116 koperasi yang ada di Kabupaten Ende saat ini tercatat ada 279 koperasi anggur merah yang sumber pendanaannya berasal dari Pemerintah Propinsi NTT namun bergerak di desa serta dikelola oleh masyarakat yang ada di desa.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help