Berita Sumba Timur

Polres Sumba Timur Musnahkan Ribuan Liter Miras Lokal

Polres Sumba Timur memusnahkan ribuan minuman keras (Miras) lokal jenis Pineraci dan Moke.

Polres Sumba Timur Musnahkan Ribuan Liter Miras Lokal
Bupati Sumba Timur, Ketua DPRD Sumba Timur, Kapolres Sumba Timur, dan Dandim Sumba Timur sedang memusnahkan Miras lokal. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU------Pihak Polres Sumba Timur memusnahkan ribuan minuman keras (Miras) lokal jenis Pineraci dan Moke.

Pemusnahaan tersebut dilakukan usai apel memperingati hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-72 yang berlansung di lapangan upaca Mapolres Sumba Timur, Rabu (11/7/2018).

Kapolres Sumba Timur AKBP.Victor M.T.Silalahi, SH.,MH mengatakan, jumlah Miras lokal jenis Pineraci dan Moke tersebut sebanyak 2.807 liter.

Kata dia, Miras lokal jenis pineraci dan moke yang dimusnahkan itu, diperoleh dari hasil operasi Pekat tahap I Tahun 2018 dan kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan (K2YD) oleh satuan fingsi operasional Polres Sumba Timur dan jajaran.

"Ada 2.807 liter Miras dari 3.407 liter Miras lokal hasil operasi yang di musnahkan bertepatan dengan HUT Bhayangkara yang ke-72 kali ini. Sedangkan sisanya 600 liter masih digunakan sebagai barang bukti dalam proses penyidikan oleh Satresnarkoba," jelas Victor.

Victor mengatakan, perlu diketahui bersama bahwa telah banyak peristiwa korban meninggal sia-sia karena Miras, dan banyak contoh kejahatan terjadi karena pegaruh Miras baik itu dalam bentuk laka lantas maupun kriminalitas.

"Kita akan memasuki tahapan Pileg dan Pilpres Tahun 2019, terkait hal ini tentunyya kegiatan dan aktivitas masyarakat dan pemerintah akan meningkat baik dalam lingkup rumah tangga maupun lingkungan masyarakat yang akan secara langsung mengunakan ruang publik untuk berativitas, untuk itu diperlukan upaya pengamanan dari Polri,"kata Victor.

Victor juga mengatakan Polri dalam kapasitas sebagai pemelihara Kamtibmas dan penegak hukum sangat berkepentingan untuk memberantas segala bentuk produksi, peredaran dan penjualan Miras lokal maupun produksi Miras legal tapi tidak berijin.

"kontrol Polri terhadap produksi dan peredaran Miras selain menjalankan perintah undang-undang juga dalam rangka memelihara Kamtibmas agar tetap kondusif, khususnya memasuki setiap tahapan Pileg maupun Pilpres,"katanya.

Victor juga mengatakan, dalam waktu dekat Polres akan mengelar operasi rutin yang ditingkatkan dan operasi Pekat 2018 tahap II dengan sasaran penyakit masyarakat salah satunya adalah Miras. Operasi tersebut digelar dalam rangka cipta kondisi.

Victor juga mengajak untuk saling waspada dan mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan agar tidak mengkonsusmsi Miras yang sangat mebahayakan tubuh. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved