Pemdes Sinar Hading Flotim Lirik Usaha Garam Diberdayakan BUMDes

Masyarakat Kawaliwu Desa Sinar Hadinsecara turun temurun ternyata sudah mewarisi keterampilan membuat garam meski dengan cara tradisional.

Pemdes Sinar Hading Flotim Lirik Usaha Garam Diberdayakan BUMDes
Istimewa
Kades Sinar Hading Dominimus Doe Liwun 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA - Pantai utara Flores Timur selain Mete dan Kelapa, juga memiliki potensi kelautan yakni garam.

Masyarakat Kawaliwu Desa Sinar Hading misalnya secara turun temurun sejak dahulu ternyata sudah mewarisi keterampilan membuat garam meski dengan cara tradisional.

Warisan keterampilan memasak garam itu masih lestari dan petani garam melakukan aktivitas tersebut untuk memenuhi kebutuhan garam rumah tangga.

Pemerintah Desa Sinar Hading melihat tradisi memasak garam tersebut sebagai potensi untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Meski Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) belum terbentuk, pemerintah desa beriktiar menjadikan potensi garam Kawaliwu menjadi bidang usaha BUMDes jika sudah didirikan.

"Bisa sekali, kita sedang cari tenaga pengelolah BUMDes,' kata Kades Sinar Hading Dominikus Doe Liwun Selasa (10/7/2018).

Selain garam, Sinar Hading juga mempunya potensi wisata yakni situs Megalitik dan air panas kawaliwu.

Pemerintah Desa Sinar Hading satu di antara desa-desa di Flores Timur yang masih enggan membangun Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

Mama Magdalena sedang menyaring pasir laut untuk mendapatkan air berkadar garam untuk dimasak buat garam, Jumat (29/6/2018).
Mama Magdalena sedang menyaring pasir laut untuk mendapatkan air berkadar garam untuk dimasak buat garam, Jumat (29/6/2018). (POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU)

Pemerintah desa masih ragu karena belum adanya sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengelolah dana yang akan disertakan ke BUMdes.

Halaman
12
Penulis: Felix Janggu
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved