Berita Kabupaten Kupang

Luar Biasa! Demi Akreditasi, ASN Puskesmas Camplong Rela Patungan Gaji

Sebanyak 22 orang pegawai Puskesmas Camplong secara sukarela menghibahkan 4 bulan uang penghargaan Jasa Medis

Luar Biasa! Demi Akreditasi, ASN Puskesmas Camplong Rela Patungan Gaji
POS-KUPANG.COM/EDI HAYONG
Pimpinan dan staf Puskesmas Camplong bergambar bersama. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Demi impian memperoleh Akreditasi Puskesmas sebagai penghargaan mutu pelayanan selama ini, sebanyak 22 orang pegawai Puskesmas Camplong secara sukarela menghibahkan 4 bulan uang penghargaan Jasa Medis untuk membangun beberapa fasilitas penunjang untuk penilaian akreditasi.

Dari hasil patungan gaji ini terkumpul Rp 110 juta untuk digunakan demi mendukung akreditasi tersebut.

Baca: Yohanes Helan Sebut Kopdit Swasti Sari Sudah Banyak Memberi Perubahan bagi Anggota

Kepala Puskesmas Camplong, Hermenegildo Soares, S.SoS, kepada wartawan, Sabtu (7/7/2018) mengatakan, akreditasi Puskesmas menjadi harga mati untuk diperjuangan seluruh staf Puskesmas.

Untuk mencapai target akreditasi bahkan seluruh pegawai yang berstatus Aparatur Sipil Negara dengan sukarela dan tanpa paksaan menyerahkan uang jasa medis selama 4 bulan untuk membangun beberapa fasilitas tambahan guna melengkapi persyaratan administrasi penilaian akreditasi.

Tidak tanggung - tanggung, jumlah total dana yang direlakan oleh pegawai sebesar Rp 110 juta.Total dana sebesar itu kemudian digunakan untuk rehabilitasi beberapa ruangan, membangun teras, tempat parkir kendaraan dan tempat pembuangan sampah medis.

Dijelaskannya, semangat untuk memperoleh akreditasi ternyata bukan hanya datang dari para pegawai Puskesmas, semangat dan dukungan yang sama juga datang dari masyarakat dan instansi umum lainnya seperti pihak kepolisian, Kecamatan Fauleu, Pihak Gereja yang juga secara sukarela turut membantu dengan berbagai cara misalnya ada yang menyumbangkan semen, pasir, uang dan pohon jati.

Proses untuk sampai pada kesepakatan bersama katanya didahului dengan meminta kesepakatan bersama dalam rapat lintas sektor, hasil kesepakatan itu dituangkan dalam kesepakatan tertulis dan menandatangani komitmen bersama sebagai wujud dukungan bagi peningkatan mutu pelayanan Puskesmas Camplong.

Pernyataan Komitmen bersama bukan hanya soal memotong jasa medis yang seharusnya menjadi hak pegawai, juga dilanjutkan dengan komitmen bersama soal jam kerja dimana semua pegawai diwajibkan masuk jam 7 pagi dan pulang sekitar jam 17.00 wita selama enam hari kerja.

"Syarat akreditasi dalam peningkatan mutu pelayanan mewajibkan untuk melengkapi fasilitas pelayanan yang memenuhi standar kelayakan, oleh karena itu kami ambil langkah bersama dan terima kasih bagi seluruh pegawai, masyarakat dan instansi lain yang sudah menyatakan komitmen bersama mendukung proses akreditasi," ujarnya.

Kepala Tata Usaha Puskesmas Camplong, Benediktus Ngamal juga mengaku hal yang sama bahwa komitmen itu dibuat atas kesepakatan bersama, termasuk soal beban kerja pelayanan maksimal 6 hari kerja seminggu dengan 9 jam kerja perhari untuk proses menyiapkan berkas administrasi akreditasi. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help