Berita NTT

Bawaslu Minta Masyarakat Bersabar dan Ikuti Proses Pleno KPU

Bawaslu NTT meminta masyarakat di khususnya di daerah yang melaksanakan pilkada serentak agar bersabar dan mengikuti proses pleno

Bawaslu Minta Masyarakat Bersabar dan Ikuti Proses Pleno KPU
Pos Kupang/Oby Lewanmeru
Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa, SH 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG --- Bawaslu NTT meminta masyarakat di khususnya di daerah yang melaksanakan pilkada serentak agar bersabar dan mengikuti proses pleno rekapitulasi perhitungan suara oleh KPU. Jika ada dugaan pelanggaran maka bisa ditempuh sesuai aturan yang berlaku.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu NTT, Thomas Mauritius Djawa,S.H kepada Pos Kupang, Jumat (6/7/2018).

Menurut Thomas, masyarakat perlu menjaga kedamaian dan kebersamaan di wilayah masing-masing.

"Tentu kita minta supaya masyarakat tetap tenang dan menunggu proses pleno yang dilakukan oleh KPU. Pilkada sudah selesai dan kebersamaan harus tetap terjaga," kata Thomas.

Dijelaskan, apabila ada dugaan pelanggaran, maka bisa ditempuh dengan aturan yang berlaku. "Dalam penanganan kasus atau dugaan pelanggaran, tentu kita punya aturan atau mekanisme," katanya.

Sedangkan menyangkut penanganan kasus atau sengketa pilkada, ia mengatakan, Bawaslu, panwaskab dan panwaskota tidak sendiri dalam penyelesaian sengketa, tetapi ada gakumdu.

"Gakumdu ini ada polisi, jaksa dan Bawaslu,panwaskab dan panwaskota," ujarnya.
Dia mengatakan, sampai saat ini pleno di beberapa daerah masih berlangsung dan diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Terkait pleno tingkat provinsi, ia mengakui, sesuai jadwal pleno di KPU NTT akan berlangsung pada Sabtu (7/7/2018). Pleno itu akan diawasi juga oleh Bawaslu NTT.

Dotanyai soal kasus yang terjadi di Rote Ndao, ia mengakui, kasus terbakarnya mobil Ketua Panwaskab Rote Ndao, Tarsis Toumeluk, sudah ditangani aparat kepolisian. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved