Berita Kabupaten Lembata

Tahun Ini Lembata Surplus Bawang Merah

tahun 2018 Kabupaten Lembata akan mengalami lonjakan persediaan bawang merah. Kami optimis dalam tahun ini kita bisa surplus bawang merah.

Tahun Ini Lembata Surplus Bawang Merah
pos kupang.com, frans krowin
Mathias Beyeng saat menyiram kebun bawang merah di Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape, Kamis (5/7/2018) siang.

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- "Kami mengestimasikan, dalam tahun 2018 ini Kabupaten Lembata akan mengalami lonjakan yang luar biasa dalam hal persediaan bawang merah. Kami optimis dalam tahun ini kita bisa surplus bawang merah."

Demikian Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata, Mathias Beyeng, kepada Pos Kupang.Com di Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape, Kamis (5/7/2018) siang.

Surplus bawang merah itu, lanjut dia, terlihat dari beberapa hal. Pertama, pemerintah gencar menanam bawang merah, mulai dari Kota Lewoleba hingga di pelosok-pelosok desa. Terobosan itu bukan hanya oleh dinas pertanian sebagai instansi teknis, tetapi juga oleh pemerintah desa.

Kedua, lanjut Mathias, pengembangan komoditi bawang merah secara besar-besaran itu dengan manfaatkan tenaga yang ada di Lembata. Orang Bima di Lewoleba yang selama ini membudidayakan bawang merah, misalnya, digandeng sebagai tutor bagi pengembangan komoditi tersebut di kelompok-kelompok tani yang tersebar di desa-desa.

Berikutnya, lanjut Mathias, traktor besar dan kecil dikerahkan ke lapangan untuk mengolah lahan pertanian milik masyarakat. Pengolahan lahan menggunakan traktor itu tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Hal lain yang turut memotivasi masyatakat untuk menanam bawang merah, adalah Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur pun kini menanam bawang merah di kebunnya di kediamannya, Kuma Resort. "Masyarakat menilai bahwa bupati saja tanam bawang merah jadi semua perlu menjadikan itu sebagai contoh," ujar Mathias mengutip penilaian yang berkembang di masyatakat saat ini. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help