Pater Paul Budi Kleden Terpilih Jadi Superior General SVD, Inilah Tugas-tugasnya?

SVD merupakan salah satu ordo dari Gereja Katolik Roma yang didirikan pada tahun 1875 di Steyl, Belanda oleh Santo Arnoldus Janssen.

Pater Paul Budi Kleden Terpilih Jadi Superior General SVD, Inilah Tugas-tugasnya?
Istimewa
Deretan Superior General SVD. Yang terbaru Pater Paul Budi Kleden SVD (kanan bawah). 

POS-KUPANG.COM - Pada hari Rabu, 4 Juni 2018, Pater Paul Budi Kleden SVD terpilih menjadi Superior General SVD sejagat, menggantikan Superior General sebelumnya, Pater Heinz Kulüke SVD.

Dia terpilih pada minggu terakhir Kapitel General SVD ke-18 yang berlangsung Roma, Italia.

Kapitel General SVD ke-18 dimulai pada tanggal 17 Juni 2018, dibuka Pater Superior General SVD, Pater  Heinz Kulüke SVD dalam sebuah misa di Centro Ad Gentes Nemi, Roma-Italia. 

Baca: Pater Paul Budi Kleden, Orang Indonesia Pertama Asal NTT, Terpilih Jadi Superior General SVD

Seperti dilaporkan sebuah website berbahasa Inggris milik SVD, upacara pembukaan itu sederhana namun berarti. Semua orang berkumpul di luar Kapela Nemi. Masing-masing zona dipanggil oleh anggota Dewan Generalat menggunakan bagian tulisan suci.

Pater Superior General kemudian menyatakan kapitel dibuka. Lalu dia bersama dengan anggota Dewan Generalat membuka pintu kapela dan masuk. Semua yang lain mengikuti.

Dalam homili pertamanya dia mulai dengan dua pertanyaan, di mana Tuhan memanggil kita dan apa yang kita tawarkan kepada Tuhan?

Ada 132 anggota dalam kapitel ini, termasuk para pengamat dan peserta awam. Di luar jumlah ini 118 adalah peserta kapitel yang memiliki hak suara (voting).

Baca: Sofjan Manandi: Jusuf Kalla Tolak Tawaran Demokrat Berduet dengan AHY di Pilpres 2019

Ada 4 peserta awam dari asosiasi awam SVD di seluruh dunia dan 2 perwakilan SSpS. Ada 112 imam dan 14 bruder. Usia rata-rata peserta kapitel (kapitularis) adalah 53,61 tahun.

Sore hari selama sesi pertama, modalitas, agenda dan rincian lainnya dijelaskan. Tim Norton, SVD dan Miriam Altenhofen, SSpS adalah fasilitator Kapitel.

"Tujuan dari kapitel ini adalah untuk menumbuhkan kembali semangat rohani yang membawa kita kembali kepada Firman Tuhan. Ini memperdalam spiritualitas anggota SVD dengan menarik sumber-sumber dari tulisan suci (Injil)."

Suasana Kapitel General SVD 2018 di Roma Italia
Suasana Kapitel General SVD 2018 di Roma Italia (Istimewa)
Halaman
1234
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help