Berita NTT

Maria Goreti Tokan Keluhkan yang Sulit Pemeriksaan Kejiwaan

Kita merasa bahwa SKCK itu sulit, ternyata yang lebih sulit adalah pemeriksaan kejiwaan.

Maria Goreti Tokan Keluhkan yang Sulit Pemeriksaan Kejiwaan
pos kupang.com, tomy mbunga nulangi
Caleg Provinsi NTT dari Partai Golkar, Maria Goreti Tokan.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Calon Anggota Legislatif (Caleg) Provinsi NTT dari Partai Golkar Maria Goreti Tokan mengaku lebih sulit mengurus pemeriksaan kejiwaan dari pada mengurus syarat lain yang ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

" Kita merasa bahwa SKCK itu sulit, ternyata yang lebih sulit adalah pemeriksaan kejiwaan. Kenapa paling sukit, karena prosesnya bisa dua tiga hari, karena kita harus mengikuti ikut tes," kata Maria saat ditemui Pos Kupang di Rumah Sakit (RS) Jiwa Naimata, Kupang, Kamis (5/6/2018).

Maria mengatakan, dirinya diberikan soal oleh petugas sebanyak 566 butir. Menurutnya, soal-soal tersebut semua tentang kepribadian, perilaku, dan tentang relasi dengan orang lain tentang kepemimpinan.

" Dan itu wajib dijawab semua dan untuk menjawabnya butuh waktu sekira dua jam, bahkan ada orang sampai tiga jam. Kalau saya satu setengah jam. Jadi cukup memakan waktu yang lama," kata Maria yang berasal dari Flotim itu.

Maria menjelaskan, biaya pendaftaran sebelum dilakukan pemeriksaan kejiwaan bagi para caleg di RS Jiwa Naimata Kupang mencapai Rp. 200.000. Biaya itu, tambah Maria, akan bertambah pada saat pengambilan hasil pemeriksaan.

" Setelah membayar biaya pendaftaran, saat pengambilan hasil pemeriksaan kejiwaan saya bayar lagi Rp. 100.000," tambah Maria. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved