Opini Pos Kupang

Jargon Pilkada Kemenangan untuk Seluruh Rakyat. Apa Benar Demikian?

Kekuasaan politik yang diraih melalui proses demokrasi yang baik akan menciptakan harmoni dalam mencapai kesejahteraan rakyat sebagai tujuan negara

Jargon Pilkada  Kemenangan untuk Seluruh Rakyat. Apa Benar Demikian?
NET
ilustrasi 

Oleh: Ebith Lonek, CMF

Mahasiswa Fakultas Filsafat Unwira Kupang

POS-KUPANG.COM - Terminologi demokrasi secara konseptual mengusung nilai-nilai dasar yang menjadi fokus orientasinya yaitu kesejahteraan, keadilan, partisipasi dan universalisme. Artinya konstruksi bangunan demokrasi dapat dikatakan berhasil jika nilai-nilai dasar ini dapat terealisasi.

Pada sisi lainnya, membangun sistem demokrasi adalah membangun kesadaran politik masyarakat, mewujudkan nilai-nilai keadilan, kemanusiaan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kekuasaan politik yang diraih melalui proses demokrasi yang baik akan menciptakan harmoni dalam mencapai kesejahteraan rakyat sebagai tujuan negara.

Dalam penggalan sejarahnya, demokrasi belum pernah menjadi topik yang begitu hangat seperti sekarang. Dalam logika penulis, demokrasi menjadi sebuah parameter bagi sejahteranya sebuah bangsa atau negara.

Dalam sistem demokrasi yang sudah tua dan mapan di Eropa dan Amerika, beberapa warga negara tengah menuntut pelaksanaan demokrasi yang lebih besar, sementara lainnya menuntut agar kesenjangan dalam demokrasi dihapuskan (Jean Baechler:2001,13).

Namun di negara-negara yang sistem demokrasinya lebih muda, ada kepedulian akan hadirnya lembaga-lembaga yang diperlukan untuk membangun suatu demokrasi "sejati", yang stabil dan efektif.

Di abad ke-18 seorang Benjamin Franklin pernah menjuluki demokrasi sebagai "matahari terbit", namun setelah 200 tahun berlalu matahari itu tetap bersinar bahkan semakin terang biasan sinarnya.

Maka sebuah tesis mini bisa diutarakan bahwa orang-orang di seluruh dunia, menjadikan demokrasi sebagai pusat dan tumpuan harapan akan masa depan yang lebih cerah dan cita-cita menuju suatu kehidupan yang penuh kebebasan dan bermartabat.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved