Pilgub NTT

WOW! Hasil Rekapitulasi Pilgub NTT Kota Kupang Victor Joseph Menang Telak

Proses Rekapitulasi dimulai dari Kecamatan Alak, Kecamatan Kelapa Lima, Kecamatan Kota Lama, Kecamatan Kota Raja, Kecamatan Maulafa dan

WOW! Hasil Rekapitulasi Pilgub NTT Kota Kupang Victor Joseph Menang Telak
pos kupang.com, maria ae toda
Penandatangan dan penyerahan hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilgub NTT kepada masing-masing saksi dari pasangan calon masing-masing di Kantor KPU Kot Kupang, Rabu (4/7/2018)

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM|KUPANG- Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Timur yang digelar tanggal 27 Juni 2018 telah usai saat ini adalah waktu dimana setiap kabupaten Kota akan melakukan rekapitulasi suara yang dilaksanakan sejak Rabu 4 Juli 2018 hingga Kamis 6 Juli 2018.

Hal tersebut juga dilakukan oleh KPU Kota Kupang. Komisioner KPU, Panwaslu, Saksi dan juga pihak dari 6 kecamatan di Kota Kupang bersama aparat keamanan di Kantor KPU Kota Kupang Rabu (4/7/2018).

Proses Rekapitulasi dimulai dari Kecamatan Alak, Kecamatan Kelapa Lima, Kecamatan Kota Lama, Kecamatan Kota Raja, Kecamatan Maulafa dan kecamatan Oebobo.

Ketua KPU Kota Kupang Marianus Minggo S.Fil mengatakan jadwal yang diberikan memangbpada tanggal 4 hingga tanggal 6 Juli 2018 untuk rekapitulasi tapi pihaknya memilih hari pertama dikarenakan proses yang berlangsung dari bawah yaitu dari KPPS hingga BPK berjalan baik dan lancar. " Memang ada koreksi secara administrasi karena ada kekeliruan angka pemilih dan human error tetapi sudah langsung diperbaiki untuk data yang sah dan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Semua saksi dari empat calon menerima hasil rekapitulasi ini," ujarnya.

Untuk hasilnya pasangan calon nomor 4 Viktor Laiskodat dan Joseph Naisoi menang telak di Kora Kupang dengan perolehan suara 71.906 dari jumlah suara sebanyak 166.513. Sedangakan pasangan nomor 1 Esthon Chris meraih suara sebanyak 49.546, pasangan calon nomor 2 Marianus Emi memperoleh suara sebanyak 29.019, dan pasangan nomor 3 Benny Harman dan Benny Litelnoni memperoleh suara sebanyak 16.042. Jumlah yang menggunakan hak pilih di Kota Kupang berjumlah 168.165 orang terdiri dari laki-laki 81.535 dan perempuan 80.629 dengan Jumlah DPT Kota Kupang 226.291. Pemilih disabilitas/cacat yang menggunakan hak pilih 277 orang dari 298 orang pemilih yang cacat di Kota Kupang.

" Jumlah Suara sah 166.513 dan jumlah suara tidak sah berjumlah 1.652. Sedangkan jumlah keseluruhan suara sah dan tidak sah adalah 168.165," ujar Marianus.

Sementara itu tingkat partisipasi pemilih di pilgub kali ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan Pilwalkot Kupang. Saat Pemilihan walikota partisipasi pemilih berjumlah 69,09 persen sementara untuk Pemilihan gubernur kali ini partisipasi pemilih di Kota Kupang naik menjadi 73,09 persen dan mengalami peningkatan sebanyak 4%.

Seusai proses rekapitulasi suara dan Pleno penetapan hasil dilanjutkan dengan penandatangan hasil pleno dan juga penyerahan hasil pleno kepada masing-masing saksi dari pasangan calon masing-masing dannjuga kepada Panwaslu. (*)

Tags
Pilgub NTT
Penulis: Maria Enotoda
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help