Berita Kabupaten Kupang

KPU Siap Pleno Penetapan Pilkada Kabupaten Kupang dan Pilgub NTT

seluruh tahapan perhitungan suara di tingkat PPS sampai pada pleno di tingkat PPK di 24 kecamatan berjalan aman dan sukses.

KPU Siap Pleno Penetapan Pilkada Kabupaten Kupang dan Pilgub NTT
POS-KUPANG.COM/EDI HAYON
Imanuel Ballo

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Edy Hayong

POS KUPANG.COM, OELAMASi--Pelaksanaan pleno hasil pilkada Kabupaten Kupang dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT di 24 kecamatan sudah tuntas dan kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang mengagendakan pleno penetapan hasil.

KPU selaku penyelenggara memastikan pada pleno terakhir penetapan tanggal 5 Juli ini, semuanya berjalan aman, lancar sesuai harapan bersama. Untuk itu, kepada seluruh elemen masyarakat dan pimpinan partai pengusung para kandidat serta massa pendukung diharapkan ikut menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk, melalui Juru Bicara, Imanuel Ballo kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (4/7/2018) menuturkan, selaku penyelenggara tentu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung serta menjaga seluruh proses pelaksanaan pilkada dan pilgub serentak tanggal 27 Juni lalu.

Seluruh tahapan perhitungan suara di tingkat PPS sampai pada pleno di tingkat PPK di 24 kecamatan berjalan aman dan sukses.

Saat ini tinggal menunggu satu tahapan lagi berupa pleno penetapan hasil baik itu pilkada Kabupaten Kupang maupun pilgub NTT. Dalam agenda, kata Ballo, pleno di tingkat KPU tanggal 5 Juli dan diharapkan semua pihak ikut terlibat menjaga keamanan dan ketertiban.

"Besok (tanggal 5 Juli 2018,Red) kita akan pleno hasil akhir pelaksanaan pemungutan suara untuk pilkada dan pilgub berpusat di Aula Gereja Elim, Naibonat Pukul 09.00 Wita. Semua persiapan pleno sudah kita lakukan termasuk mengundang pasangan calon untuk pilkada Kabupaten Kupang, pimpinan partai pengusung dan pendukung, termasuk perwakilan para pendukung tiap paslon. Kita tentu mengharapkan semua pihak ikut terlbat menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pleno penetapan hasil nanti," pesan Ballo.

Sebelumnya Ketua KPU, Hans Louk menegaskan,pelaksanaan pilkada dan pilgub berjalan aman, lancar dan damai ini tentu karena dukungan dari semua pihak dan diharapkan sampai pada penetapan hasilpun tetap terjaga kondisi ini. Mengenai tingkat partisipasi maupun data pemilih yang tidak melakukan hak politik (golput), Hans mengatakan, itu dapat diketahui pada saat pleno di tingkat KPU. Namun, dari hasil sementara memang tingkat partisipasi agak menurun. Soal alasan menurun tentu menjadi catatan penyelenggara untuk pelaksanaan pilkada kedepannya.

Sementara Kapolres Kupang, AKBP Indera Gunawan,S.Ik memuji pelaksanaan pilkada dan pilgub NTT di Kabupaten Kupang berjalan aman dan sukses. Hal ini menunjukan warga Kabupaten Kupang sangat dewasa dalam menunaikan hak politiknya.

Tugas polisi tentu memberikan kenyamanan buat penyelenggara dan warga dalam melaksanakan hak politiknya mulai dari pengiriman logistik sampai pada pleno hasil penetapan.

"Kita akan terus kawal agar daerah ini tetap aman. Saya salut dengan kedewasaan warga yang ikut pilkada dan pilgub dengan aman. Sukses kegiatan ini tentu harapan saya terus terjaga sampai penetapan lalu seterusnya. Kita harus jadikan Kabupaten Kupang sebagai wilayah contoh penyelenggaraan hajatan politik yang damai untuk daerah lainnya," ujar Indera.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help