Berita Pilkada Gubernur NTT

KPU Lembata Puji Pemilih di Kecamatan Wulandoni

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lembata memuji para pemilih di Kecamatan Wulandoni.

KPU Lembata Puji Pemilih di Kecamatan Wulandoni
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Ketua KPUD Lembata, Petrus Payong Pati meminta kepada petugas hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub NTT saat rapat pleno di Aula KPUD Lembata, Rabu (4/7/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lembata memuji para pemilih di Kecamatan Wulandoni. Partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) NTT kali ini sangat tinggi. Persentase keikutsertaan pemilih di wilayah itu mencapai 89 persen atau uang tertinggi di kabupaten tersebut.

Pujian KPUD Lembata itu disampaikan Bernabas ND Marak, salah seorang komisioner KPUD setempat.

Baca: Waspadai dan Kenali Pemicu Risiko Kanker

"Kita perlu memberi apresiasi kepada semua komponen di Wulandoni karena menjadi kecamatan dengan partisipasi pemilih tertinggi di Kabupaten Lembata. Keikutsertaan masyarakat mencapai 89 %. Ini patut diacungi jempol," ujar Bernabas disambut aplaus meriah seluruh hadirin di Aula KPUD Lembata, Rabu (4/7/2018).

Di Kecamatan Wulandoni, jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 5.059 orang. Saat pemungutan suara berlangsung ada pemilih yang menggunakan KTP elektronik sebanyak 82 orang, yakni laki-laki 37 dan perempuan 45 orang serta sejumlah pemilih disabilitas lainnya.

Dengan demikian pemilih dalam DPT dan pemilih yang menggunakan e-KTP plus pemilih disabilitas, jumlahnya sebanyak 5.155 orang. Dari jumlah tersebut, pemilih laki-laki 2.224 orang dan pemilih perempuan 2.931 orang.

Dari total pemilih tersebut, yang datang dan menunaikan hak suaranya di TPS (tempat pemungutan suara) sebanyak 4.612 orang. Jumlah itu diketahui dari total perolehan suara setiap pasangan calon (surat suara sah) sebanyak 4.529 dan surat suara tidak sah sebanyak 83 lembar.

Jikalau jumlah pemilih seluruhnya di Kecamatan Wulandoni sebanyak 5.155 dan yang mengikuti pilgub 4.612 orang, berarti diketahui pemilih yang tidak ikut saat pungutan suara sebanyak 543 orang.

Jumlah ini relatif kecil bila dibandingkan dengan dengan pemilih di kecamatan lain yang tak ikut mencoblos. Dan, Kecamatan Nubatukan merupakan wilayah dengan pemilih terbanyak yang tak ikut Pilgub NTT. Jumlahnya mencapai 6.000-an orang. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved