Berita NTT

Gubernur NTT Akhiri Masa Tugas. Lebu Raya Belum Tahu Penjabat Gubernur yang Ditetapkan Mendagri

sampai saat ini belum mengetahui siapa yang akan ditetapkan Mendagri sebagai penjabat untuk memimpin NTT sebelum ada pelantikan gubernur terpilih

Gubernur NTT Akhiri Masa Tugas. Lebu Raya Belum Tahu Penjabat Gubernur yang Ditetapkan Mendagri
pos kupang.com, oby lewanmeru
Drs. Semuel Pakereng,M.Si mengalungkan sarung motif tenun ikat Sumba kepada Gubernur NTT, Drs.Frans Lebu Raya di Ruang Biro Humas Setda NTT, Rabu (4/7/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG -- Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya belum mengetahui siapa pejabat yang akan ditetapkan oleh Mendagri sebagai Penjabat Gubernur NTT. Penjabat itu akan memimpin NTT mulai 17 Juli 2018 hingga pelantikan gubernur terpilih NTT.
Hal ini disampaikan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya saat ditemui Pos Kupang usai berpamitan dengan Biro Humas Setda NTT, Rabu (4/7/2018).

Lebu Raya dikonfirmasi mengenai pejabat yang akan mengisi kekosongan gubernur sejak 16 Juli 2018. Karena pelantikan gubernur terpilih belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Menurut Lebu Raya, dirinya akan selesai memimpin NTT pada 16 Juli 2018 mendatang. Sementara gubernur dan wakil gubernur terpilih baru akan dilantik sekitar Bulan September 2018 mendatang.

"Karena itu,memang harus ada pejabat, pejabat itu bisa saja namanya pelaksana tugas atau Penjabat atau apa namanya. Tapi jelas harus ada, karena masa jabatannya akan berakhir pada 16 Juli 2018," kata Lebu Raya.

Dia menjelaskan, sampai saat ini dirinya belum mengetahui siapa yang akan ditetapkan Mendagri sebagai pejabat untuk memimpin NTT sebelum ada pelantikan gubernur terpilih, pilgub 2018.

"Saya akan berakhir, pada 16 Juli 2018, sementara pelantikan gubernur pada bulan September 2018, sehingga pasti ada pejabat, saya juga belum tahu siapa yang akan ditetapkan. Biasanya itu pejabat eselon I," katanya.

Informasi yang diperoleh Pos Kupamg di Kantor Gubernur NTT, Rabu (4/7/2018), menyebutkan, pengangkatan penjabat Gubernur NTT merupakan kewenangan Mendagri. Penjabat gubernur tidak diusulkan oleh Pemprov NTT.?

Setelah penetapan Penjabat, maka Mendagri atas nama presiden akan melantik Penjabat itu. Penjabat yang diangkat ini adalah pejabat eselon I dari Kemendagri.
Penjabat Gubernur NTT akan mulai bertugas sejak 17 Juli 2018 hingga pelantikan gubernur dan wakil gubernur NTT terpilih.

Informasi lain menyebutkan, bahwa pelantikan Penjabat gubernur itu diperkirakan akan dilakukan dua atau tiga hari sebelum masa jabatan Lebu Raya berakhir.

Karo Humas Setda NTT, Drs. Semuel Pakereng, M.Si yang dikonfirmasi membenarkan hal itu.
Menurut Semuel, sesuai aturan, sebelum masa jabatan gubernur berakhir, Mendagri akan mengangkat Penjabat. Tujuannya agar tidak terjadi kevakuman.
Sekda NTT, Ir. Ben Polo Maing belum berhasil ditemui. (*l)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help