Animo Pelamar Tenaga Honor Menurun

Animo pelamar ini jauh berbeda dengan penerimaan pegawai periode lalu. Masa itu pelamar membludak sehingga panitia kewalahan

Animo Pelamar Tenaga Honor Menurun
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Sejumlah pelamar saat mendaftarkan diri di Kantor BKD PSDM Kabupaten Lembata, Senin (2/7/2018).

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM|LEWOLEBA -- Animo pencari kerja yang melamar menjadi tenaga honor di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata, menurun drastis. Itu terlihat dari jumlah pelamar yang memasukan berkas lamaran ke Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD-PSDM) Kabupaten Lembata pada masa pendaftaran penerimaan Pegawai Pemerintah Non PNS (PPN PNS) yang saat ini memasuki hari ketujuh masa pendaftaran.

"Pendaftaran penerimaan tenaga honor, dibuka sejak tanggal 25 Juni 2018. Tapi yang menyerahkan lamaran ke panitia penerimaan PPN PNS di Kantor BKD-PSDM, belum terlalu banyak. Animo pelamar ini jauh berbeda dengan penerimaan pegawai periode lalu. Masa itu pelamar membludak sehingga panitia kewalahan."

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD-PSDM Kabupaten Lembata, Patrisius Ujan, ketika ditemui Pos Kupang.Com di ruang kerjanya, Senin (2/7/2018). Saat itu ia sedang melakukan koordinasi dengan staf terkait penempatan tenaga honor yang telah dinyatakan lulus pada seleksi penerimaan tenaga honor awal Juni 2018 lalu.

Dikatakannya, pada penerimaan PPN PNS gelombang kedua ini, pemerintah mengumumkan penerimaan 300 tenaga honor untuk bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lembata. Sama seperti sebelumnya, musim penerimaan kali ini pemerintah menyiapkan tiga formasi, yakni kesehatan, guru dan umum.

Sejak pendaftaran dibuka sampai dengan saat ini, lanjut Patris, jumlah pelamar baru sekitar 400 orang. Padahal saat musim pendaftaran gelombang pertama lalu, untuk rentang waktu yang sama, pelamar yang mendaftat sudah lebih dari 1.000 orang.

"Kami merasa ada penurunan yang cukup signifikan. Tapi kita lihat dulu perkembangan ke depan, karena pendaftaran penerimaan tenaga honor ini masih dibuka hingga Jumat (6/7/2018) pekan depan," ujar Patris.

Pihaknya optimis saat hari-hari terakhir pendaftaran, biasanya jumlah pelamar meningkat karena ada kecenderungan peserta baru mendaftarkan diri saat-saat terakhir masa pendaftaran. "Biasanya seperti itu. Jadi kita ikuti saja perkembangan ke depan," ujarnya. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved