Tips Menghilangkan Jerawat dengan Daun Binahong

"Teteh, kamu make apa itu di pipi?" tanyaku pada keponakanku. "Daun binahong itu, Met," kata mamanya.

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Daun Binahong
KOMPAS.COM
Binahong 

POS-KUPANG.COM - "Teteh, kamu make apa itu di pipi?" tanyaku pada keponakanku. "Daun binahong itu, Met," kata mamanya. "Muka dia kan jerawatan kayak Mbak Ita dulu. Trus kemarin sama neneknya disuruh pake daun binahong. Lumayan da, beberapa hari aja udah gak begitu merah dan jerawatnya mendingan."

Aku mengangguk-anggukkan kepala.

"Daunnya juga keset, nih," kata Mbak Ita, mamanya si Teteh. "Kayaknya emang ada astringentnya, deh."

Baca: Messi dan Ronaldo Kompak Pulang Bareng

Penggunaan daun binahong sebagai obat jerawat sepertinya sudah banyak diketahui orang. Kalau kita googling, banyak orang yang memberikan testimonial tentang penggunaan daun binahong untuk jerawat di blog. Apalagi keponakanku tahu dari neneknya. Kemungkinan, ini sudah dilakukan secara turun temurun.

Apa yang menyebabkan daun binahong demikian sakti dalam menuntaskan jerawat?

Pertama, mari kita lihat dahulu apa yang terjadi pada kulit saat kita mengalami jerawat. Cerita tentang jerawat ini aku ambil dari alodokter.com.

Jerawat muncul akibat peningkatan aktivitas kelenjar penghasil sebum (minyak) yang letaknya dekat dengan folikel rambut di kulit. Sebum kemudian bergabung dengan kotoran dan sel kulit mati dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pori-pori yang tersumbat mengundang bakteri bernama Propionobacterium acnes untuk diam di sana. Sang Bakteri melepaskan zat iritan yang mampu mengiritasi kulit. Efeknya, kulit memerah dan membengkak. Kadang disertai dengan timbulnya nanah di balik kulit.

Jadi, saat kulit kita mengalami jerawat, di sana ada bakteri penyebab jerawat yang menyebabkan kulit kita memerah dan bengkak.

Dari artikel yang dirilis oleh Journal of Applied Pharmaceutical Science tahun 2013, daun binahong memang memiliki aktivitas menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan. Daun binahong mengandung vitamin K yang dapat membantu penyembuhan luka.

Selain itu, daun binahong juga mengandung beta-sitosterol dan lupeol yang memiliki khasiat antiradang.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Oyewole dan Kalejaiye pada tahun 2012, esktrak daun binahong memiliki aktivitas menghambat pertumbuhan bakteri.

Jadi ya daun binahong memiliki 'alasan' untuk bisa dipercaya sebagai obat jerawat. Dan memang, tidak hanya di Indonesia yang menggunakan daun binahong sebagai obat jerawat. Di India dan Bangladesh, daun binahong juga digunakan sebagai obat jerawat.

Bagaimana cara menggunakannya?

Seperti yang diajarkan oleh nenek, daun binahong diremas-remas dengan tangan lalu ditempelkan pada muka berjerawat yang sudah dibersihkan. Ditempelkan kurang lebih 15 menit sebelum tidur. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved