Terdakwa Kasus PNPM Mandiri di Ende Bayar Kerugian Negara Pakai Tanah

Terdakwa kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Yohanes Senda, SE membayar kerugian negara memakai tanah miliknya

Terdakwa Kasus PNPM Mandiri di Ende Bayar Kerugian Negara Pakai Tanah
POS-KUPANG.COM/Romualdus Pius
Kajari Ende, Muji Martopo 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Terdakwa kasus PNPM Mandiri, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Yohanes Senda, SE membayar kerugian negara memakai tanah miliknya yang saat ini telah disita oleh Kejaksanaan Negeri Ende sesuai dengan persetujuan dirinya dan anggota keluarga.

Kepala Kejaksaan Negeri Ende, Muji Martopo mengatakan hal itu menjawab POS- KUPANG.COM di Ende, Sabtu (30/6/2018) ketika dikonfirmasi mengenai perkembangan kasus PNPM Mandiri di Kecamatan Kelimutu dengan terdakwa atas nama, Yohanes Senda yang saat ini sedang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Ende.

Baca: Agas Andreas Janji Akan Rangkul Semua yang Kalah di Pilkada Matim

Muji mengatakan bahwa ketika dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Kupang, terdakwa Yohanes Senda diminta untuk mengganti keuangan negara sebesar Rp 220 juta namun demikian yang bersangkutan menyatakan tidak memiliki uang tunai maka yang bersangkutan bersedia menggantinya dengan tanah.

Atas permintaan dari terdakwa, Yohanes Senda yang menyatakan bersedia mengganti uang dengan tanah Kejaksaan Negeri Ende menyatakan setuju dan saat ini tanah tersebut langsung diukur oleh Kejaksaan Negeri Ende untuk selanjutnya disita dijadikan sebagai tanah Negara.

"Iya staf kami sudah ke lokasi untuk melihat tanah juga sudah diukur dan selanjutnya akan dipasang papan pengumuman sebagai tanda bahwa tanah tersebut telah disita untuk Negara," kata Kejari Muji.

Tentang perkembangan kasusnya Kejari Muji mengatakan bahwa yang bersangkutan telah menjalani proses tuntutan oleh Kejaksaan Negeri Ende yakni selama 1,6 tahun penjara dengan denda sebanyak Rp 50 Juta.

Kejari Muji mengatakan bahwa selain kasus PNPM Mandiri di Kecamatan Kelimutu, Kejaksaan Negeri Ende juga menangani dua kasus yang sama yakni kasus PNPM Mandiri di Kecamatan Lio Timur yang mana tersangkanya sudah divonis serta kasus PNPM Mandiri di Kecamatan Kota Baru yang sedang dalam proses di Kejaksaan Negeri Ende. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved