Kapolres Kupang Kota Sebut Lomba Burung Berkicau Polda NTT Event Nasional

Lomba burung berkicau Kapolda Cup yang dibuat dalam rangkan HUT Bhayangkara ke-72 ini merupakan event nasional

Kapolres Kupang Kota Sebut Lomba Burung Berkicau Polda NTT Event Nasional
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kapolda NTT Irjen Pol Drs Raja Erizman bersama Wakapolda Brigjen Pol Victor Manoppo dan para pejabat utama Polda NTT menyaksikan perlombaan burung berkicau Kapolda Cup 2018 dalam rangka HUT Bhayangkara 72 di Mapolda NTT, Minggu (1/7/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kapolres Kupang Kota, AKBP Anthon Christian Nugroho yang menjadi penanggung jawab pameran dan perlombaan ini mengatakan, lomba burung berkicau Kapolda Cup yang dibuat dalam rangkan HUT Bhayangkara ke-72 ini merupakan event nasional yang membawa nama Polda NTT.

Pameran dan lomba burung berkicau ini, lanjut Anthon, selain bertujuan menggairahkan komunitas dan dunia perkicauan di NTT, tetapi juga dilaksanakan untuk melestarikan burung lokal yang ada NTT.

Baca: Lestarikan Burung Endemik NTT, Polda Gelar Pameran dan Lomba Burung Berkicau

"Selain bertujuan menggairahan perkicauan di NTT tapi juga untuk melestariakn burung lokal yang ada NTT (burung endemik NTT)," ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan burung-burung lokal yang selama ini hanya menjadi objek perburuan untuk ditembak harus dijaga dan dilestarikan salah satunya dengan kegiatan-kegiatan perlombaan seperti ini.

Selain sebagai wadah untuk melestarikan burung-burung lokal, kegiatan ini juga diharapkan menjadi wadah dan ajang silaturahmi bagi masyarakat dari berbagai lapisan dan golongan yang memiliki kesamaan kecintaan pada dunia perkicauan setelah usai pelaksanaan pilkada di NTT.

Panitia menyediakan berbagai hadiah termasuk doorprize utama berupa tiga unit sepeda motor. Selain itu ada pula hadiah berupa kulkas, mesin cuci, kipas angin, dispenser dan beberapa hadiah menarik yang diundi saat lomba.

Dengan mendatangkan juri dari Jawa, Panitia berharap penilaian yang dilakukan benar-benar independen dan berkualitas, karena ivent yang rencananya digelar setiap tahun ini merupakan ivent nasional yang membawa nama Polda NTT.

Selain peserta dari masyarakat, para anggota polri pun ikut ambil bagian dalam perlombaan ini. "Anggota polres dan anggota polda banyak yang ikut juga, ada klub dan sekaligus di sini kita bentuk ada perkumpulan baru (klub burung) lagi namanya Ronggolawe," ungkap Anthon.

Joko Santoso, salah seorang peserta dari Wings Bird Club Kupang mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pameran dan lomba burung berkicau Kapolda Cup 2018 ini. Menurutnya ini moment yang baik untuk meningkatkan minat dan keikutsertaan dalam dunia kicau mania di NTT. Ia berharap kegiatan loma kicau mania ini dapaat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved