Semua Paslon Harus Siap Terima Hasil Pilkada

Apa yang diperoleh merupakan hasil perjuangan dan hak dari rakyat yang memilih. Kita semua harus berbesar hati untuk terima apapun hasilnya

Semua Paslon Harus Siap Terima Hasil Pilkada
Fb
Maksimus Ramses Lalongkoe

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS -KUPANG.COM/KUPANG -- Pengamat Politik, Maksimus Ramses Lalongkoe meminta semua Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur ,Bupati dan Wakil Bupati khususnya di NTT serta para pendukung masing-masing paslon agar menerima dengan lapang dada apapun hasil Pemilukada di masing-masing daerah.

Ramses menyampaikan hal ini kepada Pos-Kupang.Com, Kamis (28/6/2018).
Menurut Ramses, pilkada serentak 27 Juni 2018 di Indonesia diikuti 171 daerah dan khusus di NTT, ada 10 kabupaten dan satu pilgub.

"Tentu kita harapkan masing-masing paslon dan tim bisa terima hasil pilkada. Apa yang diperoleh itu merupakan hasil perjuangan dan hak dari rakyat yang memilih. Karena itu, kita semua harus berbesar hati untuk terima apapun hasilnya," kata Ramses.

Dijelaskan, banyak pihak mengharapkan Pemilukada ini berlangsung aman dan damai demi terwujudnya demokrasi berkualitas di bumi Nusantara. Namun ,lanjutnya, gesekan antarpara pendukung pasca pilkada serentak ini perlu diantisipasi.

"Potensi-potensi gesekan karena ketidakpuasan hasil perhitungan suara bisa saja terjadi, sebab semua paslon dan pendukung mengharapkan menang dalam Pilkada.

"Bisa saja terjadi gesekan, potensi-potensi seperti itu bisa saja muncul ,sebab semua paslon dan pendukungnya ingin menang," katanya.

Dosen Universitas Mercu Buana Jakarta ini menambahkan, Pilkada bertujuan untuk memilih calon pemimpin dan sekaligus sebagai sarana memperkuat kedewasaan politik dalam demokrasi di Indonesia, termasuk demokrasi di NTT. Untuk itu semua pihak harus sportif dan menghormati hasil pilkada demi kebaikan bangsa dan negara.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved