Bupati TTS Paul Mella Tinjau Pekerjaan Jembatan Noelaku. Ini Kondisinya

Jembatan yang menghubungkan Desa Noembila dan Desa O'of, Kecamatan Kuatnana ini sudah putus lebih dari 4 tahun dan tahun ini baru dikerjakan.

Bupati TTS Paul Mella Tinjau Pekerjaan Jembatan Noelaku. Ini Kondisinya
pos kupang.com, dion kota
Bupati Mella bersama Kepala BPBD Kabupaten TTS, Adi Tallo sedang meninjau pekerjaan jembatan Noelaku

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE - Bupati TTS, Ir. Paul Mella didampingi Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten TTS, Adi Tallo melakukan peninjauan pengerjaan jembatan Noelaku, Selasa ( 26/6/2018) pagi.

Jembatan yang menghubungkan Desa Noembila dan Desa O'of, Kecamatan Kuatnana ini sudah putus lebih dari 4 tahun dan tahun ini baru mulai dikerjakan.

Bupati Mella meminta maaf atas keterlambatan pekerjaan fisik jembatan Noelaku yang seharusnya dikerjakan pada tahun 2017 lalu. Namun, karena banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia pada tahun kemarin, sehingga paket pekerjaan jembatan Noelaku terpaksa dipending dan baru bisa dikerjakan tahun ini.

" Kemarin paket ini sudah masuk lelang elektronik di Badan Penanggulan Bencana Nasional, namun karena banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia, terpaksa paket kita ditunda. Pemerintah pusat fokus untuk menangani bencana alam yang dampaknya lebih besar dan bersifat darurat. Syukurlah tahun ini jembatan Noelaku sudah bisa dikerjakan dan kita berharap bisa selesai sebelum tanggal 31 Desember sesuai kontrak kerjanya," ungkap Mella.

Selain mengerjakan jembatan, lanjut Bupati Mella, pembangunan bangunan pelengkap seperti bronjong juga harus dilakukan untuk melindungi area sawah masyarakat yang berada tepat di bibir kali Noelaku. Oleh sebab itu, sisa anggaran pekerjaan jembatan Noelaku akan dialokasikan untuk pembangunan bronjong.

" Dana sisa pembangunan jembatan Noelaku akan kita alokasi untuk pembangunan bronjong untuk melindungi area persawahan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten TTS, Adi Tallo mengatakan, BPBD Kabupaten TTS telah mengantongi surat persetujuan rekomendasi perpanjangan pemanfaatan waktu penggunaan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana dari deputi Rekonstruksi dan Rehabilitasi Badan Penanggulan Bencana Nasional dan surat persetujuan dari direktur pembiayaan dan transfer non dana perimbangan kementerian keuangan terkait pemanfaatan dana pembangunan jembatan Noelaku hingga tanggal 31 Desember mendatang. Dirinya optimis pekerjaan jembatan Noelaku akan rampung sebelum tanggal 31 Desember mendatang.

" Sekarang rekanan PT Rimba Mas Indah sudah mulai pekerjaan kita optimis pekerjaan yang sempat tertunda pekerjaan setahun ini bisa rampung sebelum tanggal 31 Desember," sebutnya.

Sementara itu, Kades terpilih Desa O'of, Yeremias Niko Bety mengaku senang dengan pekerjaan jembatan Noelaku. Selama ini, putusnya jembatan Noelaku membuat aktivitas masyarakat tiga desa, yaitu Desa O'of Desa Pena dan Desa Pika terganggu karena akses jalan menuju Kota Soe terputus.

Masyarakat yang ingin menjual hasil pertanian atau pun ternak terpaksa harus menyebrangi kali Noelaku. Oleh sebab itu, dengan dibangun kembalinya jembatan Noelaku akan mempermuda akses masyarakat untuk menuju Kota Soe.

" Sudah empat tahun lebih kita harus menyebrangi kali Noelaku untuk bisa mencapai Kota Soe. Jika hujan lebat, dan air kali naik maka kita tidak bisa pergi ke Kota Soe. Dengan adanya jembatan Noelaku tentu akan mempermuda akses kami untuk pergi ke Kota Soe," bebernya. (*)

Tags
Bupati TTS
Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved