Panwaslu Nagekeo Akhirnya Tertibkan APK Paslon

Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Nagekeo dihari kedua masa tenang sudah menertibkan APK Pasangan Calon Peserta Pemilu.

Panwaslu Nagekeo Akhirnya Tertibkan APK Paslon
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Petugas saat menertibkan APK diwilayah Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Senin (25/6/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY - Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Nagekeo dihari kedua masa tenang sudah menertibkan alat peraga kampanye (APK) Pasangan Calon Peserta Pemilu.

Baik APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo juga APK Paslon Gubernur NTT.

Penertiban APK dilakukan di seputaran Kota Mbay dan diseluruh wilayah Kabupaten Nagekeo.

Baca: Pilgub NTT, Emi Nomleni Coblos di TPS 2 Oetete

Ketua Panwascam Aesesa, Ma'ruf Mema, kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, penertiban APK dimasa tenang Pemilukada merupakan sebuah keharusan. Sebab sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada bahwa APK sudah tidak boleh dipajang saat masa tenang.

"Pembersihan APK dalam masa tenang sudah menjadi budaya di setiap pemilhan di kabupaten ini, secara tdk langsung menjadikan lembaga pengawas Pemilu sebagai lembaga Pembersih APK," tegas Ma'ruf Meman, Senin (25/6/2018).

Ma'ruf menjelaskan pembersihan APK sebenarnya tugas KPU bukan tugas Panwaslu.

"Yang di mana seharusnya tugas pembersihan APK itu adalah tugas KPU beserta jajarannya dan tim pasangan calon jika kebiasaan pembersihan APK ini tidak di rubah atau tidak ditegaskan maka tugas pengawas Pemilu bukan hanya sebagai lembaga pengawas tetapi juga sebagai lembaga pembersih APK," papar Ma'ruf.

Ma'ruf berharap agar hal untuk penertiban APK itu tidak boleh dilakukan oleh Panwas.

"Harapan kami di Panwas agar hal ini tidak boleh terjadi lagi karena akan menjadi budaya di masa-masa yang akan datang," papar Ma'ruf.

Pantauan POS-KUPANG.COM, diputaran Kota Mbay hampir tidak ada lagi APK dan baliho pasangan calon. Yang ada hanya adalah kayu atau tiang penyangga baliho yang belum diangkat di beberapa titik. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved