Pengambilan Sumpah dan Pelantikkan Wakil Rektor Undana Berlangsung Tertutup

sumpah jabatan dan pelantikan pejabat di lingkup Undana Kupang tersebut dilakukan langsung oleh Prof. Ir Fredrik L Benu M.Si, Ph.D selaku rektor

Pengambilan Sumpah dan Pelantikkan Wakil Rektor Undana Berlangsung Tertutup
POS_ KUPANG.COM /HERMINA PELLO
Ketua Prof Dr Simon Sabon Ola (kiri) , didampingi pranata Humas, David Sir dan panitia pemilihan rektor Undana Periode 2017-2021 memberikan keterangan terkait dengan proses pemilihan rektor Undana di ruang kerjanya, Kamis (27/7/2017)). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM l KUPANG - Pengambilan sumpah dan pelantikkan para Wakil Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang di aula lantai tiga gedung rektorat baru Undana Kupang Jl Adisucipto Penfui berlangsung tertutup, Kamis (21/6/2018) pagi.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat di lingkup Undana Kupang tersebut dilakukan langsung oleh Prof. Ir Fredrik L Benu M.Si, Ph.D selaku rektor Undana Kupang.

Awak media yang mencoba masuk untuk meliput kegiatan tersebut pada pukul 10.00 Wita ditahan oleh seorang satpam yang diketahui bernama Yafed Feby selaku komandan satpam di Undana Kupang.

Informasi yang dihimpun POS-KUPANG.COM pejabat yang dilantik Dr.drh.Maxs U E Sanam, M.Sc sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik menggantikan Dr. David B W Pandie, M.S yang telah habis masa jabatan periode keduanya, Dr.Drs.Siprianus Suban Garak, M.Sc sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menggantikan pejabat lama Prof.Dr.Simon Sabon Ola, M.Hum

Pejabat lainnya yang di lantik yakni Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D sebagai Wakil Rektor Bidang Kerjasama dilantik untuk periode kedua.

Untuk diketahui, Wakil Rektor Bidang kemahasiwaan sebelumnya Prof.Dr.Simon Sabon Ola, M.Hum yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan wakil rektor sebelumnya sebanyak 28 suara batal dilantik menjadi wakil rektor bidang kemahasiswaan karena rektor Undana Kupang menggunakan hak prerogatifnya untuk menunjuk wakil rektor.

Menanggapi dibatalkannya Prof.Dr.Simon Sabon Ola sebagai wakil rektor bidang kemahasiswaan tersebut, rektor Undana Kupang, Prof. Ir Fredrik L Benu M.Si, Ph.D
kepada wartawan seusai kegiatan mengatakan, ia menggunakan hak pilihnya untuk memilih wakil rektor yang baru sesuai peraturan yang ada.

Peraturan tersebut yakni Permenristekdikti No 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri dan pasal 6 Peraturan Rektor tahun 2018.

"Kan rektor memilih, menentukan setelah mendapat pertimbangan, jadi hanya menimbang saja," ungkapnya.

Terpisah, Prof.Dr.Simon Sabon Ola kepada POS-KUPANG.COM mengatakan, pada tanggal 1 Juni 2018 rektor Undana Kupang mengundang dirinya ke ruangan rektor, setelah itu rektor memintanya untuk mundur dari kursi wakil rektor III pada periode kedua karena ada tekanan kuat dari dua kelompok.

"Sang rektor tidak merinci kelompok mana yg ia maksud, sebagaimana saya pun tidak tertarik utk menanyakan kelompok mana yg rektor maksudkan," ungkapnya.

Lanjut Simon, pada kesempatan itu rektor Undana Kupang menawarinya dua jabatan yakni menjadi Direktur Pasca Sarjana dan merekomendasikannya sebagai calon ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) akan tetapi, kata Simon, kedua tawaran tersebut ditolaknya.

"Kedua jabatan itu saya tolak karena saya BERTARUNG (istilah sang rektor) untuk jabatan wakil rektor III dan sudah saya perjuangkan HABIS-HABISAN, dan saya menang," katanya. (*)

Tags
Undana
Penulis: Gecio Viana
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved