Menggagas Kuliah Gratis di Undana, Apakah Bisa?

Saat ini, menurut informasi terpercaya yang saya peroleh, para pimpinan FK Undana berkeliling NTT mengikuti jejak FK Unpad.

Menggagas Kuliah Gratis di Undana, Apakah Bisa?
Ilustrasi

Oleh: Feliks Tans
Dosen FKIP Undana Kupang

POS KUPANG.COM - Pada tanggal 12 Februari, 2016, saya menulis sebuah ide "aneh" pada harian ini, yaitu kuliah gratis di Fakultas Kedokteran (FK) Undana.

Saat itu, saya usul Undana ikut pola FK Universitas Pajajaran (Unpad) yaitu uang kuliah, termasuk sumbangan pembangunan pendidikan (SPP), dari 250 mahasiswa kedokteran, yang diterima Unpad setiap tahun, ditanggung seluruhnya oleh kabupaten/kota asalnya.

Persyaratannya, setelah jadi dokter, mereka mengabdi di kabupaten/kota asalnya (Pos Kupang, Kuliah Gratis di FK Undana: Mengapa Tidak? p. 4).

Saat ini, menurut informasi terpercaya yang saya peroleh, para pimpinan FK Undana berkeliling NTT mengikuti jejak FK Unpad.

Saya doakan mereka berhasil. Artinya niat baik mereka, kiranya, didukung total oleh Pemda NTT dan Pemda Tingkat II se-NTT sehingga mahasiswa FK Undana akan terbebas dari uang kuliah sebesar sekitar Rp 20 juta per semester dan dana SPP sebesar sekitar Rp 150 juta.

Undana pun dan, sejatinya, setiap perguruan tinggi (PT) lain yang ber-FK dengan biaya kuliah setinggi langit, tidak menimbulkan kesan orang miskin "dilarang jadi dokter" seperti cemoohan seorang pembaca Pos Kupang beberapa waktu lalu yang menulis: "orang miskin dilarang jadi dokter."

Cemoohan itu ditulisnya ketika tahu biaya kuliah di FK begitu mahal bagi orang NTT -totum pro parte -sebuah provinsi miskin dengan penderita gizi buruk dan malnutrisi yang banyak.

Kali ini, nada dasar ide saya sama: kuliah gratis. Namun untuk mahasiswa Undana. Persoalannya adalah apakah ide ini masuk akal dan karena itu, dapat direalisasikan.

Menjawab pertanyaan itu, tesis saya ini: ini ide logis dan, karena itu, dapat diwujudnyatakan dengan beberapa cara.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help