20 Desa di Manggarai Timur Sudah Dirikan BUMDes

Sebanyak 20 desa di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) sudah mendirikan badan usaha milik desa (BUMDes) yang memilikki payung hukum.

20 Desa di Manggarai Timur Sudah Dirikan BUMDes
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Rapat pendirian BUMDes di Matim 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | BORONG - Sebanyak 20 desa di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) sudah mendirikan badan usaha milik desa (BUMDes) yang memilikki payung hukum.

Yang mana 20 desa tersebut telah memiliki peraturan desa (Perdes) pendiriandan perdes penyertaan modal bagi BUMDes.

Bukan hanya itu, prosedur mendirikan BUMDes melalui musyarah desa yang dipimpin Ketua BPD dilengkapi berita acara pun telah ada.

Baca: Sedih! 21 Desa di Lamba Leda Ternyata Belum Berlistrik

Demikian penjelasan Kornelis Soge,Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi kepada POS-KUPANG.COM di Borong melalui releasenya,Sabtu (16/6/2018) siang.

Ceis, begitu nama panggilan Kornelis, mengungkapkan, 20 desa yang sudah memiliki BUMDes telah memilikki pengurus yang diangkat oleh kades.

"Laporan yang masuk ke Kantor Program Pengembagan Pembangunan Masyarakat Desa (P3MD) Matim ada 20 desa yang sudah milikki BUMDes yang sah. Di mana syarat pendirian sudah didukung dengan regulasi berdirinya suatu BUMDes. Rencananya tahun ada 60 desa yang akan mendirikan badan usaha karena sudah ada penetapan APBDesnya tinggal menunggu prosedur pendirian yang telah diatur," kata Ceis.

Ia menjelaskan, pendirian sebuah BUMDes harus sesuai persyaratan mulai dari rapat musyawarah di desa,pembuatan perdes dan ada berita acara.

"Tujuannya agar BUMDes memilikki dasar hukum pendiriannya,"kata Ceis.

Ceis mengatakan,pihaknya akan terus mendorong dan melakukan pendampingan ada 159 desa di Matim memilikki BUMdes. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help