PHBI Lembata Undang Qori Nasional Jadi Imam Sholad Ied

Biasanya saat hari raya ssperti ini kami mengundang akademisi dari perguruan tinggi menjadi pelaksana sholad ied di Lewoleba. Tapi kali ini

PHBI Lembata Undang Qori Nasional Jadi Imam Sholad Ied
pos kupang.com, frans krowin
Lapangan Polres Lembata yang menjadi tempat pelaksanaan sholad ied umat Islam di Lewoleba, Kabupaten Lembata. Gambar diabadikan, Kamis (14/6/2018).

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Lembata mengundang qori nasional, Sanu Bajuri menjadi imam saat sholad ied Hari Raya Idul Fitri di Lewoleba, Jumat (15/6/2018) pagi. Sanu Bajuri sehari-harinya sebagai Kepala.Bidang (Kabid) Bimas Islam Kantor Wilayah (Kanwil) Agama Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini diungkapkan Ketua PHBI Kabupaten Lembata, H. Abdul Latif, ketika ditemui Pos Kupang.Com di kediamannya, Kamis (14/6/2018). Saat ini Sanu Bajuri telah tiba di Lewoleba dengar armada penerbangan TransNusa, siang tadi.

"Biasanya saat hari raya ssperti ini kami mengundang akademisi dari perguruan tinggi menjadi pelaksana sholad ied di Lewoleba. Tapi kali ini kami mengundang orang di dalam Kantor Kementerian Agama. Dan, kami memilih dari Kanwil Kemenag NTT, yakni Pak Sanu Bajuri. Pak Sanu ini merupakan salah satu qori nasional," ujar Latif.

Mengenai pelaksanaan sholad ied, PHBI Lembata tetap bekerja sama dengan Polres Lembata untuk pelaksanaan sholad tersebut di lapangan Polres Lembata. Sholad ied di tempat itu sudah berulang kali dilakukan, termasuk dalam hari raya tahun ini.

Lapangan Polres Lembata itu relatif luas sehingga bisa menampung ribuan umat untuk sholad ied. Panitia akan menyiapkan lokasi untuk pelaksanaan sholad tersebut.

Biasanya, lanjut Latif, sholad ied itu dimulai pukul 06.15 Wita atau paling lambat pukul 06.30 Wita. Waktu sholad tak bisa lebih dari jam tersebut dengan pertimbangan cuaca di Lewoleba cukup panas.

Di Lewoleba, sholad ied itu berpusat di lapangan Polres. Jadi semua umat muslim dari batas kota bagian timur (Lamahora) hingga di Pada, semuanya melangsungkan sholad di tempat tersebut. Sedangkan umat Islam di Waijarang, melangsungkan sholad ied di masjid setempat.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya, umat Islam di Waijarang juga mengikuti sholad ied di lapangan Polres. Tapi tahun ini tidak demikian. Khusus umat di Waujarang bisa merayakan sholaf ied di masjid setempat. Ini sudah kami pertimbangkan semua," ujarnya. (*)

Baca: SAR Kupang Kerahkan 60 Rescuer Terbaik. Ini Tujuannya

Tags
Lembata
Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help