Piala Dunia 2018

AYO Melihat Kekuatan Skuad di Grup D

Argentina hanya empat kali gagal lolos ke putaran final dan dari seluruh partipasi mereka, tim Tango hanya tiga kali terhenti di fase grup

AYO Melihat Kekuatan Skuad di Grup D
(ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Dokumentasi - Pemain timnas sepak bola Islandia melakukan pemanasan saat uji coba lapangan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (10/1/2018). 

POS KUPANG.COM - - Tepat pada Kamis tanggal 14 Juni 2018 ini, gegap gempita putaran final Piala Dunia sepak bola edisi ke-21 yang dihelat di Rusia, akan bergulir.

Sebanyak 32 tim terbaik dari lima zona Asosiasi Federasi Sepak Bola Antar Bangsa (FIFA), yakni Amerika Selatan (CONMEBOL), Amerika Tengah-Utara-Karibia (CONCACAF), Afrika (CAF), Asia-Oseania (AFC) dan Eropa (UEFA), akan bertarung memperebutkan predikat "yang terbaik di dunia".

Selepas hasil undian pembagian grup putaran final Piala Dunia 2018 yang dihelat di Istana Kremlin, Jumat (1/12/2017) diketahui, banyak yang menyebut Grup D adalah grup "neraka" dengan melihat komposisi kontestan yang tergabung di grup tersebut.

Kekuatan tim
Untuk menjadi juara Grup D, Argentina, yang diarsiteki Jorge Sampaoli berada di barisan paling depan dengan posisi mereka yang kini ada di peringkat lima FIFA.

Bukan tanpa alasan juga, jika melihat rekam jejaknya, sejak Piala Dunia 1930 Argentina hanya empat kali gagal lolos ke putaran final dan dari seluruh partipasi mereka, tim Tango hanya tiga kali terhenti di fase grup.

Catatan mereka di tiga edisi Piala Dunia terakhir-pun cukup positif, dengan menembus perempat final pada edisi 2006 dan 2010 serta menjadi finalis di edisi 2014.

Selain itu, dengan skuat bertabur bintang sepak bola seperti Lionel Messi (Barcelona), Sergio Aguero (Manchester City), Paulo Dybala (Juventus) dan lainnya ini, Argentina-pun menjadi favorit juara Grup D, bahkan juara dunia pada akhir kompetisi nanti.

Lalu bagaimana dengan kekuatan tim lainnya di Grup D? Jika mengacu pada peringkat FIFA, tim selanjutnya yang menjadi kandidat terkuat untuk lolos ke putaran dua, kemungkinan besar secara beruntun adalah Kroasia, Islandia dan Nigeria.

Kroasia pertama kali lolos ke Piala Dunia pada edisi 1998 di Prancis dan langsung menjadi semifinalis, sebelum dihentikan tuan rumah Prancis (1-2) yang kemudian menjadi juara Piala Dunia edisi tersebut.

Namun selepas kegemilangan itu, Kroasia seperti tenggelam dengan selalu terhenti di fase grup, yang terparah, ketika mereka harus absen dari Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Halaman
1234
Tags
Islandia
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help