TPS 24 Kecamatan 585 TPS, Paket Tirosa Pastikan Tempati 1.170 Saksi di TPS

Tiap TPS akan ditempatkan dua orang saksi sementara disiapkan pula tim pemantau yang bekerja diluar TPS untuk memantau perkembangan saat perhitungan

TPS 24 Kecamatan 585 TPS, Paket Tirosa Pastikan Tempati 1.170 Saksi di TPS
istimewa
Nelson Matara dan Bernard Bait (Paket Tirosa)

POS KUPANG.COM, OELAMASI -Tim pemenangan Paket calon bupati Kupang dan calon wakil bupati Kupang, Nelson Matara dan Bernard Bait atau Paket Tirosa memastikan siap menempatkan 1.170 saksi di 585 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di 24 kecamatan.

Tiap TPS akan ditempatkan dua orang saksi sementara disiapkan pula tim pemantau yang bekerja diluar TPS untuk memantau perkembangan saat perhitungan suara usai pencoblosan tanggal 27 Juni mendatang.

Ketua tim pemenangan Paket Tirosa yang diusung PDIP dan PKB, Johanis Mase kepada Pos Kupang, Rabu (13/6/2018), mengatakan, untuk kepentingan pengawalan di TPS pada hari pelaksanaan pencoblosan, pihaknya sudah menyiapkan 1.170 saksi dan ini sesuai ketentuan dari KPU dimana tiap TPS masing-masing pasangan calon menempatkan dua orang saksi. Para saksi ini sudah diberikan pemahaman soal kerjanya di lapangan untuk melihat secara baik kertas suara yang dicoblos pemilih.

"Jadi tiap TPS kita siagakan 2 saksi berarti dengan jumlah TPS 585 maka keseluruhan 1.170 saksi. Ada juga pemantau independen tapi mereka tidak masuk dalam tim inti di TPS. Tugasnya memantau proses pencoblosan sampai pada perhitungan suara. Intinya kita sudah siapkan yang namanya saksi di TPS," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang telah melakukan pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) terkait pelaksanaan pilkada di Kabupaten Kupang dan pemilihan gubernur NTT serentak tahun 2018.

Total DPT terhadap pesta demokrasi ini 205.000 terdiri dari 102.427 laki-laki dan 102.680 perempuan tersebar di 24 kecamatan. Sementara warga yang belum mengantongi e-KTP sebanyak 4.002 orang namun diberikan kesempatan untuk bisa mengurusnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang.

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk melalui Juru bicara KPU, Imanuel Ballo, kepada wartawan, Kamis (19/4/2018) mengungkapkan, keseluruhan proses penetapan DPT sudah dilakukan penyelenggara dihadapan para undangan yang hadir. Pada pleno DPT itu, secara keseluruhan total warga yang berhak menunaikan hak politiknya pada pilkada mendatang sebanyak 205.000 terdiri dari 102.427 laki-laki dan 102.680 perempuan tersebar di 24 kecamatan. Sementara warga yang belum mengantongi e-KTP sebanyak 4.002 orang.

"Kita sudah tetapkan DPT. Khusus yang belum mengantongi e-KTP masih diberikan kesempatan selama sebulan untuk memasukan datanya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang untuk masuk dalam data base. Mereka ini akan dimasukan dalam pemilih tambahan," jelasnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, Daniel Takain, S.H, membenarkan kalau sampai pada pleno penetapan DPT masih ada 4.002 orang warga yang datanya belum masuk di data base. Untuk itu, kepada warga yang belum terdata diharapkan bisa mendaftarkan diri agar bisa menjadi pemilih.(*)

Baca: Komisi V DPRD NTT Bentuk Satgas Kawal PPDB 2018

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help