PPDB Online Cegah Penumpukan Siswa di Sekolah Negeri

Adanya sistem PPDB Online ini maka penumpukan siswa baru di satu sekolah bisa dicegah atau dihindari. Kondisi ini memberi kesempatan juga bagi

PPDB Online Cegah Penumpukan Siswa di Sekolah Negeri
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD NTT, Winston Rondo

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG -- Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online? bisa mencegah penumpukan calon siswa baru pada sekolah tertentu. Sistem ini akan membatasi sekolah negeri sehingga tidak menerima siswa baru melebihi kuota yang telah ditetapkan.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta ?(BMPS) Provinsi NTT, Winston Rondo ketika dihubungi Pos Kupang, Rabu (13/6/2018) malam.

Winston dimintai tanggapan soal penerimaan siswa secara online saat ini.
Menurut Winston, dengan penerapan sistem online, maka sekolah negeri langsung dibatasi penerimaan siswa baru. Alasannya, dalam sistem sudah diberi batasan jumlah siswa dan rombongan belajar.

"Adanya sistem PPDB Online ini maka penumpukan siswa baru di satu sekolah bisa dicegah atau dihindari. Kondisi ini memberi kesempatan juga bagi sekolah lain untuk mendapat siswa baru," kata Winston.

Winston yang juga Anggota Komisi V DPRD NTT ini menjelaskan, PPDB Online mengatur agar semua sekolah negeri bisa mendapat calon siswa baru secara adil dan merata. "Di sisi lain, adanya sistem ini, membuat sekolah -sekolah swasta juga akan mendapat siswa. Dalam artian bahwa apabila calon siswa itu tidak diakomodir di sekolah negeri karena batasan dan aturam, maka otomatis akan ke sekolah swasta," katanya.

Ketua Komisi V DPRD NTT, Jimmi Sianto mengatakan, sistem PPDB secara online yang diterapkan di sekolah negeri ini sangat membantu dalam memudahkan siswa untuk mendaftar.

"Tapi tujuan yang paling kita inginkan, bahwa dengan PPDB Online dapat mencegah terjadinya pelanggaran terhadap Pergub dan juknis," kata Jimmi.

Dia juga mengakui, dengan sistem online, maka penumpukan calon siswa di sekolah-sekolah tertentu sudah bisa teratasi. (*)

Baca: BREAKINGNEWS:Penumpang Sepeda Motor Tewas Pasca Kecelakaan Tunggal di Nurobo-Malaka

Tags
PPDB 2018
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help