Jangan Sampai Salah, Begini Niat dan Tata Cara Salat Idul Fitri Sesuai Anjuran Nabi

Yang tidak boleh dilupakan untuk dilakukan dalam memasuki Idul Fitri adalah menunaikan zakat fitrah.

Jangan Sampai Salah, Begini Niat dan Tata Cara Salat Idul Fitri Sesuai Anjuran Nabi
Dok Serambi Indonesia
Salat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. 

POS-KUPANG.COM – Sebentar lagi kita akan memasuki lebaran. Lantas, apa yang perlu dilakukan ketika Idul Fitri datang?

Berikut tata cara menghadapi lebaran Idul Fitri seperti dilansir Pos-Kupang.com dari laman Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Pertama kali adalah memperbanyak takbir pada malam Hari Raya ‘Idul Fitri, sejak matahari terbenam, hingga esok, ketika salat ‘Id dimulai.

Berbeda dengan definisi hari dalam penanggalan masehi yang dimulai pada pukul 00.00, hari dalam bulan hijriyah dimulai sejak matahari tenggelam waktu setempat hingga matahari kembali tenggelam.

Baca: Kapolri Ancam Begal Para Kapolres Kalau Tidak Bisa Atasi Masalah Ini

Baca: Kasihan! Anak Yatim Piatu Ini Dibegal Seusai Pulang Beli Baju Lebaran

“… Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur,” begitu terjemahan QS al-Baqarah ayat 185 yang dijadikan dasar memperbanyak takbir ketika Idul Fitri datang.

Kedua, sebelum berangkat ke tempat salat, hendaklah memakai pakaian terbaik yang dimilikinya, memakai wangi-wangian, dan makan secukupnya.

Pada waktu berangkat salat hendaklah selalu membaca takbir. Dan pada waktu pulang hendaklah mengambil jalan lain ketika berangkat.

Semua kaum muslimin dan muslimat dianjurkan mendatangi tempat salat untuk mendengarkan kutbah. “Para wanita yang sedang haid cukup mendengarkan kutbah, tidak mengerjakan salat,” begitu anjuran Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah dalam “Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan”.

Redaksi dengan dua kali Allahu Akbar. “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaaha illallah, Wallahu Akbar, Allahu Akbar walillaahil hamdu.”

Yang tidak boleh dilupakan untuk dilakukan dalam memasuki Idul Fitri adalah menunaikan zakat fitrah.

Halaman
1234
Editor: Bebet I Hidayat
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help