Cara Menghemat Baterai Smartphone Selama Perjalanan Mudik

Potensi untuk kehabisan baterai saat perjalanan mudik cukup besar karena durasi waktu yang panjang. Terlebih lagi bila terjebak kemacetan.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Selama Perjalanan Mudik
KOMPAS.COM
Produk OPPO F7 diperlihatkan dalam acara peluncuran di Mumbai, India, Senin (26/3/2018). 

POS-KUPANG.COM - Potensi untuk kehabisan baterai saat perjalanan mudik cukup besar karena durasi waktu yang panjang. Terlebih lagi bila terjebak kemacetan.

Perangkat baterai portabel atau yang lebih dikenal dengan sebutan powerbank bisa jadi penyelamat di saat-saat genting.

Meski demikian, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai tanpa bergantung dengan powerbank.

Baca: Ini Daftar Sekolah di Kota Kupang yang Buka Pendaftaran Siswa Baru Secara Daring dan Luring

Berikut cara mudah untuk menghemat daya baterai yang dikutip KompasTekno dari berbagai sumber.

1. Matikan sinyal radio
Sering kali, di beberapa daerah tertentu, smartphone bisa kehilangan sinyal. Hal tersebut dapat terjadi karena menara pemancar sinyal berada jauh dari lokasi smartphone atau trafiknya sedang penuh.

Apabila sinyal hilang atau melemah, sistem smartphone biasanya akan terus mencari koneksi terbaik.

Pencarian sinyal secara terus menerus dapat membuat baterai habis dengan cepat. Oleh karena itu, sebaiknya matikan saja sinyal radio, jika pengguna benar-benar yakin tidak akan mendapatkan sinyal dalam beberapa waktu.

Biasanya, pilihan untuk mematikan sinyal radio terdapat di menu "Setting". Matikan juga fitur WiFi dan Bluetooth apabila sedang tidak digunakan. Kedua perangkat tersebut juga dapat membuat baterai smartphone cepat habis.

2. Aktifkan Airplane Mode
Tidak mau terlalu repot-repot dalam mengatur sinyal. Pengguna dapat dengan mudah mematikan semua sinyal radio yang ada di smartphone hanya dengan sebuah mode, yaitu Airplane Mode.

Dengan menyalakan Airplane Mode, semua sinyal radio, baik GSM, WiFi, maupun Bluetooth, akan langsung dimatikan.

3. Matikan fitur getar (vibrate) Fitur getar terkadang dapat sangat membantu apabila ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang rapat atau di tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan silent.

Namun, sebenarnya fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa. Berdasarkan fakta tersebut, apabila pengguna sedang tidak membutuhkan fitur ini, sebaiknya matikan fitur getar yang ada di smartphone. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved