Ini Target Jumlah Penerimaan Siswa Baru di SMPN 6 Kota Kupang

Pada tahun 2018, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Kota Kupang menargetkan jumlah penerimaan siswa baru sebanyak 351 orang.

Ini Target Jumlah Penerimaan Siswa Baru di SMPN 6 Kota Kupang
POS-KUPANG.COM/Tommy Mbenu Nulangi
Kepala SMP Negeri 6 Kota Kupang, J. S. P. Eluama, S.Th PAK 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pada tahun 2018, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Kota Kupang menargetkan jumlah penerimaan siswa baru sebanyak 351 orang.

Target jumlah penerimaan siswa baru sebanyak itu telah disesuaikan dengan jumlah rombel yang disediakan oleh sekolah yang terletak di Jalan Melodi Nunbaun Delha, Kelurahan Namosain, Kecamatan Alak itu.

Baca: Paduan Suara SMK PP St Isidorus di Misa Syukur Pesta Emas Menghebohkan Undangan

Hal itu disampaikan Kepala SMP Negeri 6 Kota Kupang, J. S. P. Eluama, S.Th PAK yang ditemui Pos Kupang diruang kerjannya, Selasa (12/6/2018).

Eluama mengatakan, saat ini, SMP Negeri 6 Kota Kupang telah menyediakan sekitar 11 rombongan belajar (rombel) untuk siswa baru.

"Kita ada 11 rombel, Jadi kita rencana terima sekitar 351 orang untuk mengisi rombel tersebut," jelas Eluama.

Eluama menjelaskan, sistem penerimaan siswa baru menggunakan sistem sonasi. Dimana sistem penerimaan siswa baru tersebut menggunakan sistem zona atau wilayah terdekat.

Zona atau wilayah yang menjadi dukungan penerimaan siswa di SMP Negeri 6 tersebut, kata Eluama, adalah dari Fatafeto, Numbaundela, Nunhila, Mantasi, Manotopen.

Eluama mengungkapkan, sistem sonasi digunakan untuk meminimalisir kemacetan, dan menekan siswa untuk mencari sekolah unggul.

" Kan ada juga sekolah disini, sehingga bisa mengurangi pekerjaan orang tua, karena kalau siswa dari sini mereka cari sekolah di dalam kota bisa macet disana. Selain bisa kurangi uang transport dan pekerjaan orang tua," katanya.

Terkait dengan penerimaan siswa baru, jelas Eluama, pihaknya masih menunggu juknis perbaikan dari Dinas Pendidikan Kota Kupang.

" Tapi rencananya penerimaan dilakukan serentak menggunakan sistem online mulai tanggal 28 sampai 30 Juni 2018. Jadi untuk sementara belum bisa terima," katanya.

Dalam rangka melakukan menerima siswa baru, tambah Eluama, pihaknya melakukan sosialisasi dengan orang tua siswa serta membuat pengumuman.

Ini Jadwal Penerimaan Siswa Baru di SMP Negeri 6 Kupang

1. Pendaftaran siswa baru dilaksanakan tanggal 28 sampai 30 Juni 2018.
2. Pelaksanaan seleksi pada tanggal 2 sampai 4 Juli 2018.
3. Pengumuman hasil seleksi tanggal 5 Juli 2018.
4. Daftar ulang tanggal 6 sampai 7 Juli 2018.
5. Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) 8 sampai 9 Juli 2018.
6. Sekolah aktif tanggal 16 Juli 2018. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help