Jet Tempur F-15 AS Jatuh di Okinawa, Bagaimana Nasib Pilot?

Insiden jatuhnya pesawat milik militer AS kembali terjadi di Jepang. Kali ini, sebuah jet tempur F-15 AS jatuh di lepas pantai selatan Jepang

Jet Tempur F-15 AS Jatuh di Okinawa, Bagaimana Nasib Pilot?
KOMPAS.COM
Jet tempur F-15 milik Angkatan Udara AS saat diparkir di Pangkalan Udara Militer AS di Okinawa. 

POS-KUPANG.COM | OKINAWA - Insiden jatuhnya pesawat milik militer AS kembali terjadi di Jepang. Kali ini, sebuah jet tempur F-15 AS jatuh di lepas pantai selatan Jepang, pada Senin (11/6/2018).

Pilot jet sempat melontarkan diri dan berhasil selamat. Diberitakan Kyodo News, jet tempur yang nahas adalah milik Pangkalan Udara Kadena AS.

Baca: Jadi Capres, Fahri Hamzah Nilai Amien Rais Terinspirasi Mahathir Mohamad

Lokasi jatuhnya pesawat berada di sekitar 80 kilometer selatan kota Naha, ibu kota regional pulau Okinawa, Jepang selatan, sekitar pukul 6.25 pagi waktu setempat.

Pejabat Angkatan Udara AS di Kadena mengatakan, jet tempur tersebut sedang menjalani latihan rutin.

Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera mengatakan pilot yang diselamatkan dalam kondisi sadar dan stabil.

"Insiden yang melibatkan pesawat militer AS terus menerus terjadi. Kami akan terus meminta kepada mereka untuk menjamin keselamatan penerbangan militer mereka," kata menteri.

Onodera menambahkan, pihaknya mengharapkan laporan lengkap insiden karena militer Jepang juga menggunakan jet tempur F-15.

Gubernur Okinawa Takeshi Onaga turut menyesalkan insiden yang terus menerus terjadi dari pesawat militer AS. Mereka juga menuntut kepada militer AS untuk menangguhkan penggunaan jet tempur F-15 hingga dapat dipastikan aman.

Kadena adalah pangkalan militer AS terbesar di Jepang yang menjadi rumah bagi sekitar 47.000 pasukan Amerika di bawah aliansi keamanan selama beberapa dekade.

Di Okinawa telah terjadi serangkaian kecelakaan yang melibatkan pesawat militer AS lainnya selama bertahun-tahun. Di antara yang paling diketahui adalah pendaratan darurat pesawat Osprey MV-22 di perairan di lepas pantai Nago, menyebabkan dua orang luka-luka.

Selain itu juga ada insiden jatuhnya helikopter CH-53E yang mendarat darurat di kawasan perumahan di kota Higashi pada Oktober 2017. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved