Piala Dunia 2018

Inilah Empat Tim Finalis Berbahasa Arab yang Patut Diperhitungkan di Piala Dunia 2018

Dengan demikian, Maroko dan Tunisia bergabung dengan Arab Saudi dan Mesir yang telah memastikan lolos terlebih dahulu

Inilah Empat Tim Finalis Berbahasa Arab yang Patut Diperhitungkan di Piala Dunia 2018
ISTIMEWA
Piala Dunia 2018 Rusia 

POS-KUPANG.COM - Tanggal 11 November 2017 barangkali merupakan salah satu tanggal yang bersejarah dalam dunia persepakbolaan kawasan negara-negara Arab, karena pada tanggal itu pula negara Maroko dan Tunisia memastikan diri lolos ke Piala Dunia.

Maroko lolos dengan mengalahkan Pantai Gading dengan skor 2-0 di kandang lawan, sedangkan Tunisia berhasil menahan imbang tanpa gol Libya di Stade Olympique de Rades, sekitar 10 kilometer sebelah tenggara kota Tunis.

Dengan demikian, Maroko dan Tunisia bergabung dengan Arab Saudi dan Mesir yang telah memastikan lolos terlebih dahulu sebelumnya.

Peristiwa ini dapat dinilai historis karena berarti untuk pertama kalinya, Piala Dunia 2018 bakal diikuti oleh empat negara dari kawasan berbahasa Arab.

Empat tahun sebelumnya di Brasil, hanya Aljazair sebagai wakil dari negara kawasan Arab yang lolos, dan itu pun nasibnya hanya sampai babak 16 besar sebelum dikalahkan Jerman yang akan menjadi peraih Piala Dunia ketika itu.

Sedangkan dalam catatan Piala Dunia, partisipasi negara-negara berbahasa Arab yang tertinggi adalah di Piala Dunia 1986 dan 1998, yang masing-masing diikuti oleh tiga tim kawasan Arab.

Dalam Piala Dunia 1986, tim dari negara-negara Arab adalah Aljazair, Irak, dan Maroko; sedangkan dalam Piala Dunia 1998 adalah Arab Saudi, Maroko, dan Tunisia.

Bahasa Arab adalah bahasa yang terbentang luas yang penyebarannya dimulai sejak abad ke-7 dari jazirah Arab. Bahasa Arab saat ini dituturkan sejumlah negara di kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi, Irak dan Suriah serta di kawasan Afrika Utara seperti Aljazair, Maroko, Mesir dan Tunisia.

Negara-negara dari kawasan tersebut yang paling banyak malang- melintang di Piala Dunia adalah Arab Saudi, Maroko, dan Tunisia, dengan masing-masing telah mengikuti hingga lima kali dari penyelenggaraan Piala Dunia selama ini.

Satu negara lainnya yang lolos ke Piala Dunia 2018, Mesir, telah lolos babak kualifikasi hingga sebanyak tiga kali Piala Dunia, hanya di bawah Aljazair yang sudah mengikuti empat kali Piala Dunia.

Halaman
1234
Editor: Putra
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help