Pesparani Persaudaraan

Umat Tuhan bersuka, bergembira dalam pesta: Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik. Dari sisi utara

Pesparani Persaudaraan
POS-KUPANG.COM/WILI SUNI
Peserta dari Kabupaten Malaka saat karnaval Pesparani dari Kantor Gubernur NTT menuju GOR Flobamora Kupang, Kamis (24/5/2018). 

Oleh: JB Kleden
ASN Kanwil Kementerian Agama NTT

POS KUPANG.COM - Pesparani -Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Perdana Tingkat Provinsi NTT, 24-27 Mei 2018 di Kota Kupang berakhir meriah.

Anak-anak Flores Timur, sang juara umum bergembira ria menari dolo memboyong piala Gubernur NTT untuk diletakkan di kaki Tuan Ma, Reinha Larantuka.

Pemazmur anak dan remaja dari Flotim, Pemazmur dewasa dari Belu, PSA dan PSDC dari Kota Kupang serta PSGD dari Manggarai Barat, larut dalam keharuan sebagai Duta NTT, Nusa Terindah Toleransi ke Pesparani Nasional Perdana di Ambon.

Umat Tuhan bersuka, bergembira dalam pesta: Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik. Dari sisi utara tribun GOR Oepoi saya duduk memandang alam sekitar di manaTuhan menempatkan saya malam itu. Hingar bingar pestas udah berakhir.Tim EO NTTnesia menurunkan pernak-pernik Pesparani.

Satu per satu lampu warna-warni panggung dipadamkan. Ada haru yang mendalam. Pesta benar-benar usai. Ia timbul dan lenyap dalam sekejap. Terasa seperti ada sesuatu yang hilang semacam kedahagaan abadi akan mitos firdaus yang hilang, yang menjadi pengembaraan dari setiap kita. Thereof man lives, thereof he dies... Hanya itukah cerita tentang PESPARANI Katolik perdana NTT?

***

BERJUTA-juta kenangan kemudian hadir di pelupuk mata. Mulai dari Pertemuan Dobo, Maluku (26-30 Oktober 2014) yang menjadi titik awal pencanangan PESPARANI.

Saya beruntung hadir dan ikut menandatangani kesepakatan Dobome wakili Bimas Katolik Provinsi se-Indonesia. Dua tahun setelah Pertemuan Dobo, Menteri Agama RI menetapkan PMA Nomor 36 Tahun 2016 tentang Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Katolik (LP3K).

Dua tahun setelah PMA baru diselenggarakan Pesparani Katolik Nasional Perdana. NTT adalah satu-satunya Provinsi yang menyelenggarakan PESPARANI Tingkat Provinsi pada bulan Mei, bulan Maria. Per Mariam ad Jessum.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help