Kali Ketiga Mahasiswa Prodi Fisika FKIP Undana Kupang Tak Diwisudakan

Wisuda yang mengalami kesulitan karna kalau kita wisuda pada saat akreditasi program studi sudah kadaluarsa itu artinya ijazah tidak sah,

Kali Ketiga Mahasiswa Prodi Fisika FKIP Undana Kupang Tak Diwisudakan
pos kupang.com, gecio viana
Drs Petrus Ly M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Undana Kupang di Aula lantai tiga kantor Rektorat Undana Kupang, Jumad (8/6/2018)

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM l KUPANG - Mahasiswa-mahasiswi Program Studi Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Undana Kupang tidak dapat diwisuda kali ketiga karena persoalan plagiasi borang khususnya data evaluasi diri, Jumad (8/6/2018) siang.

Hal itu disampaikan Drs Petrus Ly M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Undana Kupang kepada POS-KUPANG.COM di Aula lantai tiga kantor Rektorat Undana Kupang, Jumad (8/6/2018)

Petrus menjelaskan, jumlah mahasiswa yang tidak dapat diwisudakan kurang lebih 30 orang mahasiswa-mahasiswi.

"Kalau jumlah keseluruhan dari semester bawah sekitar 200an orang mahasiswa, tali yang sudah masuk dalam tahap penyelesaian akhir lebih kurang 30 orang," katanya.

Untuk menyikapi persoalan tersebut, lanjut Petrus, pihaknya sudah memprosesnya dengan melakukan pemanggilan terhadap seluruh petugas yang diberikan tanggungjawab menyusun borang dan evaluasi diri. Hal ini dimaksudkan untuk mencari informasi proses penyusunan borang dan ealuasi

"Lalu kita juga sudah mengambil tindakan untuk ke BAN PT, di tingkat fakultas sudah memanggil beberapa pihak kemudian sudah bertemu juga dengan mahasiswa dan orangtua kemudian pimpinan universitas juga sudah mencoba nencari jalan keluar untuk mengklarifikasi ke BANPT," ungkapnya.

Ia menjelaskan, aktifitas perkuliahan di Prodi Fisika Undana tetap berjalan seperti biasa akan tetapi, kata Petrus, proses wisuda yang masih terkendala karena persoalan tersebut.

"Wisuda yang mengalami kesulitan karna kalau kita wisuda pada saat akreditasi program studi sudah kadaluarsa itu artinya ijasah tidak sah," jelasnya

Ia menambahkan, rektor Undana belum mengambil kebijakan karena belum ada keputusan yang dari BAN PT.

Terpisah, seorang mahasiswi Prodi Fisika yang enggan namanya ditulis saat menghubungi POS-KUPANG.COM, Jumad, (8/6/2018) mengatakan, dirinya bersama rekan mahasiswa prodi Fisika lainnya hanya berharap pihak kampus serius menyelesaikan persoalan tersebut.

"Ingat kami mahasiswa, karena kami kuliah di Prodi Fisika sudah mengorbankan banyak hal, orangtua juga sudah banyak habiskan uang," katanya

Ia berharap, persoalan tersebut bisa segera terselesaikan sehingga tidak mengorbankan mahasiswa yang tidak tahu apa-apa terkait persoalan tersebut, "Karena masalah itu bukan kesalahan mahasiswa," ungkapnya kesal. (*)

Baca: Oh, Ternyata Satu Formasi Honor di Lembata Tak Terisi

Tags
Undana
Penulis: Gecio Viana
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help