Stok Pangan Segar Di Nagekeo Masih Tersedia

Stok pangan segar diwilayah Kabupaten Nagekeo saat ini cukup tersedia. Sehingga bisa memehui kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat.

Stok Pangan Segar Di Nagekeo Masih Tersedia
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Kadis Tahan Pangan Nagekeo, Willy Lena 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG. COM | MBAY --Stok pangan segar diwilayah Kabupaten Nagekeo saat ini cukup tersedia. Sehingga bisa memehui kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat.

"Untuk pangan-pangan segar, instansi kita ini juga fokus juga dengan pangan segar memang untuk sementara pangan segar itu cukup tersedia," ungkap Kepala Dinas Tahan Pangan Kabupaten Nagekeo, Willy Lena, kepada Pos Kupang, Selasa (5/6/2018).

Pria yang akrab disapa Willy ini mengungkapkan, pangan segar memang bervariatif. Karena ada pangan yang tidak produksi skala besar. Sehingga jumlah pangan segar juga bervariasi. Selain itu jumlah juga masih relatif banyak.

"Contohnya sayur koll, sawi bisa kita (Nagekeo) dengan Ende itu isi mengisi. Karena kita daerah ketinggian yang untuk jenis holti seperti itu kita ada. Selain itu ada pangan segar alam, sayur-sayur labu Jepang, sayur paku yang biasa, itu tersedia, " ujar Willy.

Willy mengaku, untuk yang lain di Nagekeo itu kisaran beberapa tahun ini mencukupi. Sampai saat ini pemerintah tetap memantau dan mensosialisasikan melalui instansi terkait agar masyarakat mengatisipasi untuk menyediakan cadangan pangan.

Willy mengaku ada persoalan terkait pangan adalah ketika ada stok pangan dan cadangan pangan tapi dipergunakan untuk kepentingan lain. Tidak hanya untuk kebutuhan makan bagi rumah tangga tapi juga diperuntukan pos-pos lain, seperti biaya pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

"Contoh dari pangan itu, membiayai pendidikan, kesehatan, tradisi sosial budaya, itu dari sumber yang sama. Makanya sering terjadi defisit-defisit itu karena beberapa aspek itu, " papar Willy.(*)

 

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved