Warga Amfoang Tengah Jumpai Bupati Titu Eki

Kehadiran warga ini terkait lokasi tanah observatorium di Kecamatan Amfoang Tengah.

Warga Amfoang Tengah Jumpai Bupati Titu Eki
PK/ENOL AMARAYA
Bupati Kupang, Ayub Titu Eki 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayon

POS- KUPANG.COM|OELAMASI--Warga masyarakat dari Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, berencana bertemu Bupati Kupang, Dr. Ayub Titu Eki. Kehadiran warga ini terkait lokasi tanah observatorium di Kecamatan Amfoang Tengah.

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kupang, Martha Para Ede, S.H, kepada POS KUPANG.COM di Oelamasi, Senin (4/6/2018), pertemuan antara bupati dan warga Amfoang Tengah dijadwalkan hari ini pukul 09. 00 Wita namun bupati masih memimpin rapat bersama para pimpinan OPD maka diundurkan waktunya. 

"Kegiatan pertemuan dengan warga tetap jadi cuma waktu akan kita sesuaikan dengan waktunya pak bupati. Agendanya cuma dialog bersama soal tanah lokasi pembangunan obsevatorium," jelasnya.

Untuk diketahui, pemerintah akan membangun observatorium di Gunung Timau, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, untuk menggantikan Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat, yang sudah berusia 90 tahun.

Obsevatorium di Gunung Timau akan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menilai Gunung Timau di Kecamatan Amfoang Tengah sangat strategis sebagai lokasi observasi antariksa, sementara Lembang sudah tidak memadai karena letak bangunan dan lingkungan sekitar sudah begitu padat.

Kepala Lapan,  Prof. Dr. Thomas Damaluddin pada 21 Mei 2016 meninjau langsung pegunungan Timau dan menyosialisasikan rencana pembangunan obsevatorium kepada masyarakat Kecamatan Amfoang Tengah.

Observatorium ini, mulai dibangun pada 2017 dengan dana triliunan dan ditargetkan rampung pada 2019.

Observatorium itu dapat digunakan selama 100 tahun untuk mendukung kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi berkaitan dengan penelitian tata surya. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved