Sedih ! Saluran Irigasi di Sok Mubazir. Ini Penyebabnya

Saya sudah bersihkan tapi airnya belum jalan karena sering ditutup di bagian atas.Bukan itu saja,debit air dari sumber Wae Dingin,Rana Mese berkurang

Sedih ! Saluran Irigasi di Sok Mubazir. Ini Penyebabnya
pos kupang.co, aris ninu
Irigasi Kampung Sok,Desa Compang Ndejing,Kecamatan Borong,Matim yang tidak ada air. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-BORONG-Menyedihkan dan mengejutkan ketika fasilitas umum yang dibangun lalu peruntukkannya tidak ada dan mubasir.

Ibarat membuang uang miliaran rupiah lalu hasilnya tidak maksimal sungguh mengecewakan banyak pihak.

Itulah kondisi saluran irigasi di Kampung Sok,Desa Compang Ndejing,KecamatanBorong,Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Irigasi yang dibangun pada tahun 2012 menggunakan dana APBN oleh Kantor Balai Irigasi Wilayah NTT saat ini tinggal kenangan.

Irigasi yang dibangun sudah bagus tapi airnya tidak ada.

Penjaga Pintu Air Irigasi Air Sok,Andreas Nampung kepada POS-KUPANG-COM di Kampung Sok,Minggu (3/6/2018) siang menjelaskan,irigasi yang dibangun pemerintah tahun 2012 belum dialiri air karena persoalan pembagian yang belum merata.

Yang mana,kataAndreas,di bagian pintu air di Desa Watu Mori,Kecamatan Rana Mese warga sering menutupi air menuju ke irigasi Sok.

"Warga juga belum mau menanam padi.Padahal irigasi yang dibangun peruntukan untuk lahan persawahan.Lahan sawah yang dibuka seluas 225 Ha sampai belum difungsikan,"papar Andreas.

Ia mengungkapkan,dirinya selama ini ditugas membersihkan irigasi Sok.

"Saya sudah bersihkan tapi airnya belum jalan karena sering ditutup di bagian atas.Bukan itu saja,debit air dari sumber Wae Dingin,Rana Mese berkurang,"papar Andreas.

Kades Compang Ndejing,Ahmad Jebaur kepada POS-KUPANG-COM di Kampung Sok,Minggu (3/6/2018) siang mengaku kalau dirinya sudah mengusulkan agar irigasi Sok harus dialiri air.

"Sampai sekarang air di irigasi Sok belum ada air.Kami sudah usul airnya harus mengalir bisa warga bisa tanam sayur atau padi,"kata Ahmad.

Pantauan POS-KUPANG-COM di Kampung Sok,ada saluran irigasi yang sudah dibangun.Tetapi tidak ada air.Irigasi dibangun dengan pintu di pemukiman warga.

Sampai sekarang saluran irigasi tersebut kering.(*)

Baca: 5 Fakta Kematian Razan, Perawat Cantik yang Tewas Ditembaki Tentara Israel

Tags
Borong
Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help