Ini Harapan dan Permintaan Penggiat Kopi di Manggarai Raya

Kopi yang sudah dijual premium setiap kilogramnya lalu diberikan ke ASNIKOM untuk kemudian dibagi kepada para petani

Ini Harapan dan Permintaan Penggiat Kopi di Manggarai Raya
POS KUPANG/ARIS NINU
Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus di kebun kopi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Aris Ninu

POS-KUPANG.COM|RUTENG - Pemerintah tiga kabupaten di Manggarai Raya akan melaunching Sertifikat Indeks Geografis (SIG) Kopi Arabika Flores Manggarai (SAFM) di halaman Kantor Bupati Manggarai,  Kamis (31/5/2018) pagi 

Launching oleh Pemkab Manggarai, Manggarai Barat (Mabar) dan Manggarai Timur (Matim) membuat penggiat kopi di Manggarai memberikan harapan dan permintaan kepada pemerintah.

Yosep Sudarso, perwakilan LSM Ayo Indonesia sekaligus Kepala Bidang Budidaya MPIG kepada POS-KUPANG-COM di Ruteng,Rabu (30/5/2018) siang menjelaskan,SIG-KAFM yang dilaunching juga bisa dimanfaatkan Sertifikat Fair Trade. Yang mana berdampak pada peningkatan pendapatan petani.

‪"Dengan sertifikat Fair Trade kerjasama dengan ASNIKOM, pertama ada kesepakatan kuota harga di tingkat buyer (pembeli, red).

Kopi yang sudah dijual premium setiap kilogramnya lalu diberikan ke ASNIKOM untuk kemudian dibagi kepada para petani,"kata Yoseph.

Baca: Uskup Agung Kupang Akan Tahbiskan 12 Imam Baru dan 12 Diakon. Inilah Nama-nama Mereka

Sementara itu, ‪Martin Robensi, salah seorang pengusaha kopi di Kabupaten Manggarai, mengapresiasi gelaran launching SIG-KAFM.

‪"Terbitnya SIG menjadi momentum tepat. Pertama, ini menjadi momentum bagi kebangkitan petani.

Mari kita mulai berpikir bahwa bertani bukan hanya menjadi tugas dari para petani saja, tetapi itu menjadi tugas bagi setiap kita, apapun profesinya, yang mau dan peduli pada kebangkitan petani kopi.

Kedua, SIG merupakan momentum untuk merubah paradigma tentang petani kopi.

Halaman
12
Penulis: Aris Ninu
Editor: Fredrikus Royanto Bau
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved