Mau Tahu Berapa Harga Kopi Arabika dan Robusta di Manggarai Timur Saat Ini?

Mau tahu berapa harga kopi arabika dan robusta di Kecamatan Poco Ranaka, di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) saat ini?

Mau Tahu Berapa Harga Kopi Arabika dan Robusta di Manggarai Timur Saat Ini?
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Kopi robusta di kebun petani Poco Ranaka, Manggarai Timur 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | BORONG - Mau tahu berapa harga kopi arabika dan robusta di Kecamatan Poco Ranaka, di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) saat ini?

Silvester Jehati, warga Kelurahan Mando Sawu, Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Matim ketika ditemui POS-KUPANG.COM di kediamannya, Selasa (29/5/2018) siang, menjelaskan, tahun ini harga kopi cukup bagus.

Baca: Ini Alasan Mengapa Kundrat Enggan Mengambil Cuti

"Kalau petaninya rajin pasti untung. Saya setiap hari masuk ke desa untuk beli kopi dari tangan petani. Kopi arabika yang sudah bersih dijual 1 liter Rp 13 ribu," ujar Silvester.

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan kopi robusta layak jual dan harga bagus maka petani memetik lalu menumbuk kopi untuk keluar kulitnya. Setelah itu jemur kopinya sampai kering baru jual.

Sedangkan kopi arabika prosesnya dimulai dari petik, giling keluar kulit, cuci lalu jemur untuk kering airnya. "Setelah itu baru dijual kopinya," tutur Silvester.

Ia mengungkapkan, saat ini harga kopi robusta dan arabika sudah menggembirakan petani. "Karena itu kalau petani rajin pasti untung,"ujar Silvester. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help