Kapolsek Malaka Tengah Larang Pelajar SMP Konvoi Pakai Kendaraan Bermotor

Konvoi kendaraan dan treck-treckan di jalan dapat membahayakan diri sendiri dan mengganggu lalulintas di jalan raya.

Kapolsek Malaka Tengah Larang Pelajar SMP Konvoi Pakai Kendaraan Bermotor
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Kapolsek Malaka Tengah, AKP Rinaldi Hastomo

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM|BETUN--Kapolsek Malaka Tengah, AKP Rinaldi Hastomo sudah menghimbau kepada para pelajar SMP kelas III yang mengikuti pengumuman kelulusan UN agar tidak melakukan konvoi kendaraan bermotor.

Pasalnya, murid SMP rata-rata belum cukup umur dalam mengendarai kendaraan bermotor sesuai yang diamanatkan UU Lalulintas dan Angkutan Jalan.

Kemudian, konvoi kendaraan dan treck-treckan di jalan dapat membahayakan diri sendiri dan mengganggu lalulintas di jalan raya.

Rinaldi mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, saat dikonfirmasi, Senin (28/5/2018). Menurut Rinaldi, Polsek Malaka Tengah sudah menghimbau jauh-jauh hari melalui Kadis PKPO dan para kepala sekolah agar peserta UN SMP yang mengikuti pengumuman lulus dihimbau agar tidak melakukan konvoi menggunakan kendaraan bermotor.

Hal ini dilakukan agar menghindari kecelakaan lalulintas yang dapat merugikan diri sendiri dan mengganggu lalulintas di jalan raya.

Pertimbangan lainnya, rata-rata murid SMP belum cukup umur (belum punya SIM-Red) untuk mengendarai kendaraan bermotor sehingga ketika terjadi kecelakaan di jalan akan menjadi rumit baik bagi anak yang bersangkutan maupun orangtuanya.

Untuk itu, diharapkan kerja sama dari orangtua dan sekolah untuk menghimbau agar anak-anak tidak melakukan konvoi menggunakan kendaraan bermotor. Ekspresi kegembiraan setelah lulus cukup di sekolah atau di rumah saja bersama orangtua.

Menurut Rinaldi, dalam rangka mengantisipasi aksi treck-treckan di jalan dan konvoi kendaraan, anggota polisi Polsek Malaka Tengah ikut terlibat dalam kesempatan pengumuman kelulusan di sekolah-sekolah. Kemudian, polisi akan melakukan patroli di jalan. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help