Setelah Dibeli Pedagang, ke Mana Saja Ikan Ikan-Ikan Asal Flotim Dipasarkan?

Produksi ikan para nelayan Flores Timur cukup tinggi, bahkan bisa memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Flores bahkan sampai di Kota Kupang.

Setelah Dibeli Pedagang, ke Mana Saja Ikan Ikan-Ikan Asal Flotim Dipasarkan?
POS KUPANG/FELIKS JANGGU
Suasana Pelelangan Ikan di Pelabuhan Pelelangan Ikan di Kota Larantuka Selasa (22/5/2018).

Laporan Wartawan POS KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA- Produksi ikan para nelayan Flores Timur cukup tinggi, bahkan bisa memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Flores bahkan sampai di Kota Kupang.

Ikan-ikan setelah keluar dari Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Larantuka, ikan dipasarkan ke Kota Maumere, Ende, Bajawa bahkan sampai di Kota Ruteng Manggarai.

Baca: Jimmi Sianto Sebut Perdagangan Manusia Setara Kasus Terorisme

Baca: Pemerintah Diminta Serius Tuntaskan Kasus Marosi

Baca: DPRD Kota Kupang Dukung Bangun Sekolah Baru di Oesapa Selatan

Beberapa pedagang ikan asal Maumere Selasa (22/5/2018) tampak dengan mobil pikap mengantri di PPI Larantuka. Menunggu kapal-kapal bersandar di PPI Larantuka.

Thom salah satu pengusaha ikan yang nongkrong di PPI Larantuka mengatakan ikan asal Larantuka bahkan menembus pasar Kota Larantuka.

"Tapi yang bermain (berbisnis) ke Kota Kupang sangat berisiko ikan rusak. Apalagi kalau kapal ferinya terlambat tiba di Kota Kupang," ujar Thom.

Thom mengungkapkan mobil pikap yang mengambil ikan di Larantuka cukup banyak. Semua pedagang sudah punya jaringan penadah ikan di Maumere dan Ende.

"Kalau stok ikan di Maumere habis, kita lepas di Maumere. Tapi kalau masih cukup, kita telepon ke Ende. Kalau mereka bilang ikan sudah habis, kita langsung ke Ende," kata Thom.(*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved