Ini Instruksi CIA untuk Masjid di China

Asosiasi Islam China (CIA) menginstruksikan pengurus seluruh masjid di daratan Tingkok untuk mengibarkan bendera nasional

Ini Instruksi CIA untuk Masjid di China
(ANTARA/M. Irfan Ilmie)
Masjid Dongsi, Beijing, seusai menyelenggarakan penyuluhan tentang prinsip-prinsip kemasyarakatan, Jumat (18/5/2018). 

POS KUPANG.COM - - Asosiasi Islam China (CIA) menginstruksikan pengurus seluruh masjid di daratan Tingkok untuk mengibarkan bendera nasional dan mempelajari prinsip-prinsip sosialisme untuk memperkuat konsep kebangsaan serta menjunjung semangat patriotisme.

Para akademisi di China menyambut positif instruksi tersebut sebagai bagian dari asimilasi agama dalam kehidupan masyarakat sosialis pada saat perkembangan agama makin pesat, demikian media resmi setempat, Senin.

Dalam surat yang diunduh di laman resmi CIA menyebutkan bahwa pengibaran bendera berlaku setiap saat di tempat yang mudah dilihat.

CIA dan pengurus masjid juga diharuskan mendalami Undang-Undang Dasar China, prinsip-prinsip kemasyarakatan, dan budaya kuno Tiongkok, demikian surat tersebut.

Umat Islam juga diwajibkan mematuhi peraturan perundang-undangan saat menyelenggarakan kegiatan keagamaan.

Pihak masjid dianjurkan memperhatikan kesejahteraan masyarakat dan melayani masyarakat demi terintegrasinya prinsip sosialis dalam kehidupan umat Islam seperti tertuang dalam surat CIA.

Oleh sebab itu, masjid seharusnya membuka kelas tentang budaya klasik, sejarah, dan geografi China.

Jika kebijakan tersebut dilaksanakan dengan baik, maka akan terjadi pengaruh China dalam agama melalui integrasi ajaran agama dengan budaya masyarakat China, demikian pendapat Prof Xiong Kunxin, pakar etnik dari Tibet University di Lhasa, Daerah Otonomi Xizang.

"Seharusnya agama-agama lain juga mengeluarkan instruksi serupa," ujarnya sebagaimana dikutip Global Times.

Beberapa masjid di kota-kota besar di China telah mengibarkan bendera nasional warna merah menyala bergambar bintang lima warna kuning pada bagian sudut kiri atas itu.

Wartawan Antara di Beijing juga mendapati masjid Dongsi juga telah menjalankan instruksi itu. Bahkan, pengurus mengadakan pertemuan dengan jamaah di halaman masjid yang berlokasi di sebelah selatan perempatan Jalan Dongsi itu untuk memberikan pemahaman tentang nilai-nilai kemasyarakatan pada Jumat (18/5). (*)

Tags
China
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help