Bom di Surabaya

Warga Putat Jaya Tolak Memakamkan Teroris, Tri Rismaharini Surati MUI. Ini Jawabannya

Warga Putat Jaya yang menolak dimakamkannya tujuh jenazah teroris di TPU Putat Gedhe menjadi polemik tersendiri untuk Pemkot Surabaya.

Warga Putat Jaya Tolak Memakamkan Teroris, Tri Rismaharini Surati MUI. Ini Jawabannya
jatim.tribunnews.com
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini usai bertemu kepala sekolah e-Surabaya, Rabu (16/5/2018). 

POS-KUPANG.COM | SURABAYA - Warga Putat Jaya yang menolak dimakamkannya tujuh jenazah teroris di TPU Putat Gedhe menjadi polemik tersendiri untuk Pemkot Surabaya.

Tak bisa menghentikan aksi penolakan itu, Tri Rismaharini memilih minta bantuan MUI untuk menanganinya.

Sang Wali Kota Surabaya dikabarkan telah mengirim surat pada MUI untuk menjelaskan fatwa atau hukum islam terkait pemakaman sosok yang tidak diharapkan.

Baca: Teka-teki Terjawab, Pangeran Harry Kenakan Seragam Ini di Momen Pemberkatan Nikah

Sehari pasca pesan itu dikirimkan, MUI merespon surat yang diberikan Tri Rismaharini itu, bahkan mereka telah melakukan pertemuan untuk membahas masalah tersebut.

Moch Munief, Sekertaris Umum MUI Kota Surabaya mengatakan, telah menyelesaikan permasalahan itu dengan para kyai dan Walikota Surabaya.

MUI meminta agar permasalahan ini tidak dimanfaatkan beberapa orang untuk menambah gesekan antar masyarakat.

"Sudah, jalur kemasyarakatan umat. Kami mohon untuk ditangani dengan baik dan benar.," ujar Moch Munief selaku Sekretaris Umum MUI Kota Surabaya di Masjid Muhajirin, Sabtu (19/5/2018).

Dari dua pertimbangan yaitu kemanusiaan dan akhlaknya, keputusan MUI meminta tetap ada pemakaman sesuai agama masing-masing.

Jika terdapat warga yang menolak pemakaman jenazah teroris, MUI berjanji akan memberikan pemahaman kepada mereka (warga).

"Manusia ya tetap manusia. Kalau yang Islam ya disholati dan dikafani. Nanti kami langsung datangi dan diberikan penjelasan secara baik-baik agar mereka memahami," tegasnya. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help