Kerusuhan di Rutan Mako Brimob

Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris: Pemerintah Harus Monitor Jaringan Komunikasi Teroris

Hal ini disampaikan anggota Komisi I DPR Charles Honoris menanggapi rusuh yang terjadi di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris: Pemerintah Harus Monitor Jaringan Komunikasi Teroris
KOMPAS.COM/MAULANA MAHARDHIKA
Suasana penjagaan pasca kerusuhan di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Kerusuhan terjadi di dalam rutan yang ada di lokasi tersebut pada Selasa (8/5/2018) malam. 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Pemerintah diminta melacak jaringan komunikasi para teroris.

Hal ini disampaikan anggota Komisi I DPR Charles Honoris menanggapi rusuh yang terjadi di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Saat kerusuhan tersebut, salah satu napi melakukan siaran langsung lewat media sosial.

Rekaman siaran langsung itu pun kini sudah tersebar luas di dunia maya.

"Komunikasi live broadcast di media sosial yang sempat dilakukan para napiter dari dalam Mako Brimob adalah upaya menghidupkan sel tidur dan mendorong pelaku teror lainnya untuk ikut bersama-sama melawan negara," kata Charles kepada Kompas.com, Kamis (10/5/2018).

"Oleh karenanya, pemerintah harus melacak dan memonitor jaringan komunikasi para pelaku teror, baik di media sosial maupun jaringan komunikasi lainnya," tambah dia.

Untuk mencegah kemungkinan serangan susulan oleh kelompok pelaku teror, Charles mengusulkan agar pengamanan instalasi strategis negara, termasuk kantor-kantor kepolisian ditambah.

Ia juga menilai, akan lebih baik jika napi kasus terorisme sebaiknya ditempatkan di lapas dengan keamanan maksimum, seperti Lapas Batu dan Nusakambangan.

"Ini untuk membatasi ruang gerak dan ruang komunikasi mereka," ujarnya.

Charles mengapresiasi Polri yang sudah melakukan proses penegakan hukum dengan benar dan intensif dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved