Home »

Techno

» News

Ganti Tower Tempurung Kelapa, Kemenkominfo Bangun Satu Tower BTS di Desa Lewoawang Flotim

Namun, tahun ini tower tempurung kelapa ini akan diganti BTS (Base Transceiver Station).

Ganti Tower Tempurung Kelapa, Kemenkominfo Bangun Satu Tower BTS di Desa Lewoawang Flotim
ISTIMEWA
Ilustrasi 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA - Masih ingat upaya masyarakat Desa Lewoawang Kecamatan Ilebura Flores Timur (Flotim) untuk mendapat sinyal jaringan telepon dan berkomunikasi dengan masyarakat di luar desa mereka?

Mereka membuat tower dari tempurung kelapa dengan ketinggian tiang kayu sekitar 60 centimeter dan handphone diletakkan di atas cekungan tempurung kelapa.

Dengan cara itu masyarakat setempat bisa berkomunikasi dengan dunia luar melalui telepon seluler.

Namun, tahun ini tower tempurung kelapa ini akan diganti BTS (Base Transceiver Station). Kementerian Komunikasi dan Informatika akan segera membangun infrastruktur tower dan BTS di lokasi itu.

Kepala Desa Lewoawang Yohanes Wolo Tobi kepada POS-KUPANG.COM,Selasa (8/5/2018), mengatakan, pembangunan tower untuk pemasangan BTS itu membebaskan masyarakatnya dari keterisolasian.

"Selama ini kita pakai tempurung kelapa dan kita juga sudah temukan dari halar (bambu cincang). Kalau aluminium tidak bisa menangkap jaringan," cerita Yan Tobi.

Bertahun-tahun sejak Indonesia merdeka, kata Yan Tobi, masyarakat baru bisa menikmati jaringan telekomunikasi pada tahun 2018.

"Dari Balai Penyediaan dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi Informatika Kemenkominfo sudah survei lokasi dan dalam waktu dekat akan dimulai pengerjaannya," kata Yan Tobi.

Untuk menyukseskan penyediaan fasilitas komunikasi itu, pemerintah desa sudah menyediakan lahan pembagunan tower di desa itu.

Tiga desa yang duduk bersama menyukseskan usulan itu yakni Dewa Lewoawang, Rianbura dan Birawan.

"Mungkin dibangun setelah lebaran. Dua minggu lagi material sudah bisa didrop ke lokasi," kata Yan Tobi. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help