Dari Black Board ke White Board, Masih tentang Pendidikan di NTT

Lalu mereka membalikkan papan tulis tersebut. Bagian depan yang sudah penuh tulisan bapak ibu guru yang menggunakan

Dari Black Board ke White Board, Masih tentang Pendidikan di NTT
Net
Ilustrasi

Oleh: Willem B Berybe
Mantan guru, tinggal di Kolhua Kupang

POS KUPANG.COM -- Dua murid maju ke depan kelas yang masih berlantai tanah. Masing-masing berdiri di sisi kiri dan kanan papan tulis.

Lalu mereka membalikkan papan tulis tersebut. Bagian depan yang sudah penuh tulisan bapak ibu guru yang menggunakan kapur tulis ditukar dengan bagian belakang.

Pekerjaan ini rutin dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung. Ini bukan sebuah fiksi tapi benar terjadi sebagaimana penulis alami di sekolah rakyat (SR) alias SD dulu.

Anda tahu, papan tulis berwarna hitam (black board) tersandar pada tiga tumpuan kaki yang terbuat dari bambu. Ketiganya tersimpul pada satu titik di ujung atas. Dua kaki depan berdiri sejajar di depan dan satunya ke belakang sebagi penopang.

Pada dua kaki depan bagian tengah, terdapat dua lubang tempat pasak-pasak kecil ditancapkan guna menahan lembaran papan tulis sehingga bisa tersandar. Dengan demikian, papan tulis hitam ini dapat direndahkan atau ditinggikan.

Alat tulis yang digunakan ialah kapur tulis putih yang membuat telapak tangan bapak ibu guru belepotan limbah debunya usai mengajar.

Kini papan tulis hitam itu sudah lenyap. Ruang-ruang kelas diisi papan tulis putih, licin, mulus (white board) terbuat dari triplek (plywood). Kesan elit dan modern sangat menonjol. Alat tulis yang digunakan spidol khusus, board marker, bermerek snowman harus diisi dengan tinta spesial.

Lantas, adakah perbedaan hasil akhir sebuah proses pembelajaran dengan media black board dan white board?

Generasi tua abad ini rata-rata berangkat dari ruang kelas dengan fasilitas black board. Mereka hebat, dengan kondisi dan sarana belajar seperti itu, mampu berprestasi dalam hal belajar.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved