BPJS Ketenagakerjaan Target Tambah Lindungi 35 Ribu Pekerja

Pada tahun 2018 BPJS Ketenagakerjaan menargetkan penambahan jumlah tenaga kerja yang dilindungi, yakni 35 ribu pekerja.

BPJS Ketenagakerjaan Target Tambah Lindungi 35 Ribu Pekerja
POS-KUPANG.COM/HERMINA PELLO
Foto bersama pada acara peringatan Hari Buruh Internasional di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kupang, Senin (30/4/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pada tahun 2018 BPJS Ketenagakerjaan menargetkan penambahan jumlah tenaga kerja yang dilindungi, yakni 35 ribu pekerja.

Demikian Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kupang, Ishak, di sela-sela kegiatan peringatan Hari Buruh Internasional yang diselenggarakan secara sederhana di BPJS Ketenagakerjaan, Senin (30/4/2018) sore.

Baca: Aksi Solidaritas Kasus Marosi, Umbu Agus: Kami Turun ke Jalan Tuntut Keadilan

"Tidak ada kegiatan yang besar tapi bahwa besok jatuh hari buruh. Hari buruh itu termasuk hari pekerja, kita semua karena kita ada pekerja. Refleksi apa yang sudah kita lakukan sebagai bagian dari pekerja juga negara juga kuat. Indikator pekerja kuat upah sesuai dengan hidup layak yang dimanifestasi dalam UMP atau UMK," katanya.

Baca: Saat Meninjau Karya Bhakti Bedah Rumah, Danrem 161 Wira Sakti Katakan Ini Kepada Warga

BPJS Ketenagakerjaan menargetkan melindungi buruh atau tenaga kerja sebanyak 35 ribu pekerja baik formal maupun informal.

Saat ini yang sudah terlindung 91 ribu tenaga kerja, dan yang aktif membayar iuran 49.800 dan 40-ribuan tenaga kerja yang tidak aktif membayar iuran.

Baca: Penasehat Hukum Keluarga Inginkan Kepolisian Jujur Ungkap Kasus Kematian Poro Duka

Penyebab tidak aktif membayar iuran karena beberapa faktor, di antaranya sudah berhenti bekerja di perusahaan tapi belum ambil hak di BPJS. Kadang mereka belum ambil hak karena suku bunga di BPJS cukup tinggi, yakni 9 persen sampai 10 persen per tahun.

Sementara pekerja yang bukan penerima upah yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 14 ribu tenaga kerja, tapi di semester satu tahun ini jumlah mengalami penurunan. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help